PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI MIN 2 KOTA PALANGKA RAYA

Penulis

  • Ratul Ratul IAIN Palangka Raya
  • Setria Utama Rizal IAIN Palangka Raya
  • Sulistyowati - - IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i1.2591

Abstrak

Selama pandemi Covid-19 proses pembelajaran dilaksanakan secara online. Guru dituntut mampu mendesain media pembelajaran untuk mempermudah penyampaian informasi, contoh medianya seperti video. Maka dengan demikian perlu pengembangan media video pembelajaran tematik di MIN 2 Kota Palangka Raya. Tujuan penelitian mengetahui pengembangan media video pada pembelajaran tematik kelas   III di MIN 2 Kota Palangka Raya. Jenis penelitian riset dan pengembangan (R&D). Teknik instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini pada siswa di MIN 2 Kota Palangka Raya. Hasil penelitian ini adalah Pengembangan Media video pembelajaran tematik kelas III di MIN 2 Kota Palangka Raya menggunakan prosedur model ADDIE dengan Kelayakan pengembangan media video pembelajaran tematik menurut: a) Ahli media persentase akhir diperoleh 91,76%  termasuk kategori “sangat layak”; b) Validasi ahli materi persentase diperoleh 92,22% termasuk kategori “sangat layak”; c) Uji coba guru kelas persentase diperoleh 80,00% termasuk kategori “layak”; d) Uji coba kelompok kecil persentase diperoleh 80,00% termasuk kategori “layak”; e) Uji coba kelompok besar persentase diperoleh 83,11% termasuk kategorikan “sangat layak”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Asyhahri, Ardian. Silvia, Helda. 016. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Fisika Al-BiRuNi. Vol.5 (1).

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta:Gava Media

Hamid dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, dan Media. Malang: UIN Malang Press.

Hari, Rayanto. Yudi, Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek, Penelusuran: Lembaga Academic & Research Institute.

Handarini, O. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol.8 (3).

Jennah, Rodhatul. 2020. Pengembangan Media Video Pembelajaran. Yogyakarta: K-Media

Kusnadi, C. Sutjipto, B. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Majid, A. 014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rizal, Setria Utama. Dkk. 2020. Pengembangan Computer Assisted Intructional Integrated Science Materi “Hujan” di Sekolah Dasar. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 3 (3).

Syabrina, M. Sulistyowati. 2020. Pengembangan Pembelajaran Tematik Berbasis Macromedia Flash Untuk Mningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Trbiyah wWa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikaan dan Pembelajaran. Viol. 7 (1).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suryani, Nunuk. Dkk. 2020. Media Pembelajaran Novatif dan Pengembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sitanggang, Nathanael. Abdul, Hasan Seragih. 2013. Studi Karakteristik Siswa SLTA di Kota Medan. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 6 (2)

Yaumi, M. 2017. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Diterbitkan

2023-05-09

Terbitan

Bagian

Artikel