PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA
DOI:
https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i1.2865Kata Kunci:
pembinaan, karakter, kegiatan kepramukaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) pelaksanaan kegiatan pramuka di SDIT Nur Rohman Slogohimo, (2) pendidikan karakter yang diterapkan dalam kegiatan pramuka di SDIT Nur Rohman Slogohimo, (3) model pendidikan karakter yang diterapkan dalam kegiatan pramuka di SDIT Nur Rohman Slogohimo . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data berupa deskripsi dan nilai pendidikan karakter dalam kegiatan pramuka di SDIT Nur Rohman Slogohimo. Sumber data adalah pembina pramuka, dan siswa SDIT Nur Rohman Slogohimo, dokumen, buku materi, dan buku saku pramuka. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Validasi yang digunakan adalah trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode.Teknik analisis data adalah deskripsi analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam proses pelaksanaan kegiatan pramuka di SDIT Nur Rohman terbukti dapat meningkatkan pendidikan karakter. Pelaksanaannya terdiri dari kegiatan awal yaitu sholat dhuha berjamaah, doa dan mengaji bersama, dan upacara pembukaan. Perencanaan menggunakan buku panduan rencana pembinaan pramuka. Pelaksanaan dilakukan satu pekan sekali, setiap hari Sabtu. Kegiatan inti berupa materi pramuka. Materi yang diajarkan bermacam-macam, mulai dari upacara, PBB, simpul tali, sandi, semaphore, KIM (Kemampuan Indra Mencium), bakti sosial, dan lain-lain.Selama pelaksanaan pramuka, ada kendala bahasa daerah, solusinya adalah selama kegiatan pramuka diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Pemberian Arahan juga menggunakan bahasa yang baik, agar bisa diterima oleh anak. Kegiatan akhir yaitu upacara penutupan, dan membersihkan lokasi secara bersama-sama. Nilai pendidikan karakter yang diajarkan dalam kegiatan pramuka adalah religius, jujur, toleransi, perilaku, kreatif, mandiri, demokratif, ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, membaca , peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Model pendidikan karakter dengan pembiasaaan, keteladanan, dan pembinaan disiplin. Pembinaan yaitu dengan melakukan baik yang berulang-ulang agar menjadi kebiasaan baik. Keteladanan dengan pembina atau guru menjadi teladan yang baik. Pembinaan disiplin dengan disiplin tepat waktu, menentukan peraturan, dan disiplin beribadah. perilaku kreatif, mandiri, demokratif, rasa ingin tahu, kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif, sikap cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Model pendidikan karakter dengan pembiasaaan, keteladanan, dan pembinaan disiplin. Pembinaan yaitu dengan melakukan baik yang berulang-ulang agar menjadi kebiasaan baik. Keteladanan dengan pembina atau guru menjadi teladan yang baik. Pembinaan disiplin dengan disiplin tepat waktu, menentukan peraturan, dan disiplin beribadah. perilaku kreatif, mandiri, demokratif, rasa ingin tahu, kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif, sikap cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Model pendidikan karakter dengan pembiasaaan, keteladanan, dan pembinaan disiplin. Pembinaan yaitu dengan melakukan baik yang berulang-ulang agar menjadi kebiasaan baik. Keteladanan dengan pembina atau guru menjadi teladan yang baik. Pembinaan disiplin dengan disiplin tepat waktu, menentukan peraturan, dan disiplin beribadah. keteladanan, dan pembinaan disiplin. Pembinaan yaitu dengan melakukan kebaikan yang berulang-ulang agar menjadi kebiasaan yang baik. Keteladanan dengan pembina atau guru menjadi teladan yang baik. Pembinaan disiplin dengan disiplin waktu, disiplin, dan disiplin beribadah. keteladanan, dan pembinaan disiplin. Pembinaan yaitu dengan melakukan kebaikan yang berulang-ulang agar menjadi kebiasaan yang baik. Keteladanan dengan pembina atau guru menjadi teladan yang baik. Pembinaan disiplin dengan disiplin waktu, disiplin, dan disiplin beribadah.
Unduhan
Referensi
Abdul Majid, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Adisusilo, S. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter. Depok: PT. Raja Gravindo Persada
Andri Bob Sunardi, 2010. Boyman Ragam Latih Pramuka. Bandung: Nuansa Muda.
Aqid, J dan Sujak. (2012) Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Wydia
Azrul Azwar, 2012. Mengenal Gerakan Pramuka, Jakarta: Erlangga.
B. Simanjuntak dan I. L Pasaribu, 1990. Membina dan Mengembangkan Generasi Muda, Bandung: Tarsito.
Bob Sunardi dan Andre, 2006. Boyman: Ragam Latih Pramuka. Bandung: CV. Nuansa Muda.
Bahri, dkk, 2015. Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.
Dit PSMP Kemdiknas, 2010. Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat PSMP Kemdiknas.
Hamzah B, U. 2012. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hidayatullah Furqon, 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Farida Nugrahani, 2014 Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Solo: Cakra Books.
Joko Mursitho, 2010. Kursus Mahir Dasar untuk Pembina Pramuka. Kulonprogo: Kwarcab Kulon Progo.
Keputusan Presiden RI No. 24 Tahun 2009 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
Kurniawan, S. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ratna Megawangi, 20010. Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo
Sri Judiani, 2010. “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan . diunduh pada https://media.neliti.com/media/publication/138571.pdf. Diakses pada 2 Juni 2022
Sunyoto, 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta, UNY- Press.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.