PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA

Penulis

  • Ina Nur Khasanah universitas veteran bangun nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i1.2865

Kata Kunci:

pembinaan, karakter, kegiatan kepramukaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) pelaksanaan kegiatan pramuka di SDIT Nur Rohman Slogohimo, (2) pendidikan karakter yang diterapkan dalam kegiatan pramuka di SDIT Nur Rohman Slogohimo, (3) model pendidikan karakter yang diterapkan dalam kegiatan pramuka di SDIT Nur Rohman Slogohimo . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data berupa deskripsi dan nilai pendidikan karakter dalam kegiatan pramuka di SDIT Nur Rohman Slogohimo. Sumber data adalah pembina pramuka, dan siswa SDIT Nur Rohman Slogohimo, dokumen, buku materi, dan buku saku pramuka. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Validasi yang digunakan adalah trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode.Teknik analisis data adalah deskripsi analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam proses pelaksanaan kegiatan pramuka di SDIT Nur Rohman terbukti dapat meningkatkan pendidikan karakter. Pelaksanaannya terdiri dari kegiatan awal yaitu sholat dhuha berjamaah, doa dan mengaji bersama, dan upacara pembukaan. Perencanaan menggunakan buku panduan rencana pembinaan pramuka. Pelaksanaan dilakukan satu pekan sekali, setiap hari Sabtu. Kegiatan inti berupa materi pramuka. Materi yang diajarkan bermacam-macam, mulai dari upacara, PBB, simpul tali, sandi, semaphore, KIM (Kemampuan Indra Mencium), bakti sosial, dan lain-lain.Selama pelaksanaan pramuka, ada kendala bahasa daerah, solusinya adalah selama kegiatan pramuka diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Pemberian Arahan juga menggunakan bahasa yang baik, agar bisa diterima oleh anak. Kegiatan akhir yaitu upacara penutupan, dan membersihkan lokasi secara bersama-sama. Nilai pendidikan karakter yang diajarkan dalam kegiatan pramuka adalah religius, jujur, toleransi, perilaku, kreatif, mandiri, demokratif, ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, membaca , peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Model pendidikan karakter dengan pembiasaaan, keteladanan, dan pembinaan disiplin. Pembinaan yaitu dengan melakukan baik yang berulang-ulang agar menjadi kebiasaan baik. Keteladanan dengan pembina atau guru menjadi teladan yang baik. Pembinaan disiplin dengan disiplin tepat waktu, menentukan peraturan, dan disiplin beribadah. perilaku kreatif, mandiri, demokratif, rasa ingin tahu, kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif, sikap cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Model pendidikan karakter dengan pembiasaaan, keteladanan, dan pembinaan disiplin. Pembinaan yaitu dengan melakukan baik yang berulang-ulang agar menjadi kebiasaan baik. Keteladanan dengan pembina atau guru menjadi teladan yang baik. Pembinaan disiplin dengan disiplin tepat waktu, menentukan peraturan, dan disiplin beribadah. perilaku kreatif, mandiri, demokratif, rasa ingin tahu, kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif, sikap cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Model pendidikan karakter dengan pembiasaaan, keteladanan, dan pembinaan disiplin. Pembinaan yaitu dengan melakukan baik yang berulang-ulang agar menjadi kebiasaan baik. Keteladanan dengan pembina atau guru menjadi teladan yang baik. Pembinaan disiplin dengan disiplin tepat waktu, menentukan peraturan, dan disiplin beribadah. keteladanan, dan pembinaan disiplin. Pembinaan yaitu dengan melakukan kebaikan yang berulang-ulang agar menjadi kebiasaan yang baik. Keteladanan dengan pembina atau guru menjadi teladan yang baik. Pembinaan disiplin dengan disiplin waktu, disiplin, dan disiplin beribadah. keteladanan, dan pembinaan disiplin. Pembinaan yaitu dengan melakukan kebaikan yang berulang-ulang agar menjadi kebiasaan yang baik. Keteladanan dengan pembina atau guru menjadi teladan yang baik. Pembinaan disiplin dengan disiplin waktu, disiplin, dan disiplin beribadah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ina Nur Khasanah, universitas veteran bangun nusantara

mahasiswa

Referensi

Abdul Majid, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Adisusilo, S. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter. Depok: PT. Raja Gravindo Persada

Andri Bob Sunardi, 2010. Boyman Ragam Latih Pramuka. Bandung: Nuansa Muda.

Aqid, J dan Sujak. (2012) Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Wydia

Azrul Azwar, 2012. Mengenal Gerakan Pramuka, Jakarta: Erlangga.

B. Simanjuntak dan I. L Pasaribu, 1990. Membina dan Mengembangkan Generasi Muda, Bandung: Tarsito.

Bob Sunardi dan Andre, 2006. Boyman: Ragam Latih Pramuka. Bandung: CV. Nuansa Muda.

Bahri, dkk, 2015. Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Dit PSMP Kemdiknas, 2010. Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat PSMP Kemdiknas.

Hamzah B, U. 2012. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hidayatullah Furqon, 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Farida Nugrahani, 2014 Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Solo: Cakra Books.

Joko Mursitho, 2010. Kursus Mahir Dasar untuk Pembina Pramuka. Kulonprogo: Kwarcab Kulon Progo.

Keputusan Presiden RI No. 24 Tahun 2009 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.

Kurniawan, S. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ratna Megawangi, 20010. Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo

Sri Judiani, 2010. “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan . diunduh pada https://media.neliti.com/media/publication/138571.pdf. Diakses pada 2 Juni 2022

Sunyoto, 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta, UNY- Press.

Diterbitkan

2023-05-09

Terbitan

Bagian

Artikel