PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)

Penulis

  • Tri murni

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v2i2.368

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia melalui model
pembelajaran Auditory Intellectually  Repetition (AIR) pada siswa kelas IX E SMP Negeri 1
Tawangsari semester I tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
yang dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Tawangsari semester I tahun pelajaran 2016/ 2017
yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan
dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes
siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal
(KKM) yaitu 80,0 mencapai ? 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat
meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas IX E semester I SMP Negeri 1
Tawangsari tahun pelajaran 2017/ 2018. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai
keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa dari 71,03 meningkat menjadi 80,56 ? 80,00 dan
persentase ketuntasan belajar siswa dari 46,88% meningkat menjadi 87,5% ? 85%.
 
Kata Kunci:  Model pembelajaran Auditory Intellectually  Repetition (AIR), prestasi belajar
bahasa Indonesia

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ae - Ruzz Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning .Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-03

Terbitan

Bagian

Artikel