PENILAIAN TINGKAT KEMAHIRAN MENGAJAR SECARA TATAP MUKA PASCA PANDEMI COVID-19 DI MI DARUSSALAM PASIR PENGARAIAN

Penulis

  • Pariang Sonang Siregar Universitas Rokania
  • Elvina Universitas Rokania
  • Rinja Efendi Universitas Rokania

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i2.3733

Kata Kunci:

keterampilan dasar mengajar, tatap muka, pasca pandemi, kemahiran mengajar

Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi sektor pendidikan di Indonesia. Banyak permasalahan dan persoalan yang dihadapi oleh seluruh komponen Pendidikan dalam menyelenggarakan keberlanjutan pembelajaran sebagaimana mestinya. MI Darussalam Pasir Pengaraian merupakan salah satu sekolah yang berdampak covid-19, dimana pihak sekolah juga mengikuti anjuran dari pemerintah untuk melaksanakan sekolah secara daring. Namun saat ini, MI Darusalam telah melaksanakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka langsung. Timbulnya permasalahan akan kemampuan belajar siswa yang telah lama belajar secara daring menjadi cambuk tersendiri bagi guru, guru dituntut harus memberikan pembelajaran secara lebih mendalam dan bermakna. Oleh karena itu, penelitian mengenai Penilaian Tingkat Kemahiran Mengajar Secara Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19 di MI Darussalam Pasir Pengaraian perlu dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non hipotesis dengan menggunakan pendekatan survei, yaitu penelitian yang bersifat mengumpulkan data sebanyak-banyaknya mengenai kemampuan dasar mengajar guru di kelas. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mendapati bahwa rata-rata kemampuan dasar mengajar guru-guru di MI Darussalam Pasca Pandemi Covid-19 setelah diberikan sosialisasi dan latihan mengajar 1 dan 2 adalah 69,75 dengan kategori baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andayani, Refni Delfi, Sukiniarti, Sardjijo, R. Sudarwo, Irzan Tahar, Munasik. 2021. Pemantapan Kemampuan Mengajar (Edisi 3). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Bastian. 2019. “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di Sekolah Dasar.” Jurnal Pajar (Pendidikan d an Pengajaran) 3 (November): 1357.

Hasibuan dan Moedjiono. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Habibie. A. A. and Firmansyah. R. A., 2019.“Analisis keterampilan dasar mengajar guru kimia yang mengikuti MGMP MIPA,” JEC (Journal Educ. Chem., vol. 1, no. 1, pp. 9–14.

Jundi, M., & Yasin, Z. 2020. Penilaian Sejawat dalam Pembelajaran Keterampilan Dasar Mengajar bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 51-70. doi:https://doi.org/10.18196/mht.2217

Khakiim, Uluul, I. Nyoman Sudana Degeng, dan Utami Widiati. 2016. “Pelaksanaan Membuka dan Menutup Pelajaran oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1 (9): 1730–34.

Nurdiansyah, Rahmah Johar, dan Saminan. 2019. “Keterampilan Bertanya Guru SMP Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Peluang 7, no. 1: 44–54. https://doi.org/10.24815/jp.v7i1.13735.

Nurwahidah, Indri. 2020. “Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru IPA Program Studi Pendidian IPA.” EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran 1, no.2: 22–33. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1957.

Pamela, Issaura Sherly, Faizal Chan, Viradika Fauzia, Endang Putri Susanti, Aeron Frimals, dan Oka Rahmat. 2019. “Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas.” EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 2: 23–30.

Sudargo F. 2010. Kemampuan pedagogik calon guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses siswa melalui pembelajaran berbasis praktikum. Jurnal Pengajaran MIPA. 15(1):4-12.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wijarini, Fitri, dan Silfia Ilma. 2017. “The analysis of teacher candidates’ teaching skill in department of biology education, University of Borneo Tarakan, through preservice teaching activities.” JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia) 3, no. 2: 149–59. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i2.4311.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-25

Terbitan

Bagian

Artikel