STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Nopian Gustari A Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Islam Nahdlotul Ulama Bengkulu
  • Ahmad Suradi Universitas Islam Negeri Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i2.3764

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas III di Sekolah dasar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Strategi guru yang di maksud merupakan upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa. Motivasi belajar siswa yang dimaksud adalah dorongan yang ada dalam diri siswa untuk melakukan aktivitas belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Strategi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa yang digunakan guru meliputi: strategi perencanaan pembelajaran, strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi pemilihan metode pembelajaran, strategi pelaksanaan pembelajaran, strategi memilih media pembelajaran dan strategi evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung tumbuhnya motivasi belajar siswa kelas III Sekolah dasar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor dari dalam diri siswa maupun faktor dari luar diri siswa. Dari berbagai faktor tersebut, yang paling dominan adalah faktor internal atau yang tumbuh dari dalam diri siswa itu sendiri. Pada faktor penghambat, ada beberapa hal yang menjadi perhatian guru khususnya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menerapkan strategi pembelajaran diantaranya yaitu faktor dari siswanya karena tipe kecerdasan siswa di Sekolah dasar ini berbeda satu sama lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-25

Terbitan

Bagian

Artikel