PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI JATISOBO 03
DOI:
https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i2.3966Kata Kunci:
project based learning, aktivitas, hasil belajar, IPAAbstrak
Abstrak
Model pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengerjakan suatu proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja dan hasil belajar di kelas IPA dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek kepada peserta didik kelas V yang menggunakan metode penelitian kolaboratif untuk kegiatan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kognitif, observasi dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas kelas adalah: 1) Pada Siklus I masih terdapat peserta didik yang pasif dalam proses pembelajaran. Setelah dilakukan refleksi dalam pelaksanaan siklus II aktivitas belajar peserta didik ditingkatkan dengan melibatkan peserta didik dalam proyek eksperimen mata pelajaran IPA zat tunggal dan zat campuran. 2) Hasil belajar peserta didik pada Siklus I memiliki persentase 78% tuntas, sedangkan pada Siklus II tingkat ketuntasan meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Jatisobo 03.
Kata kunci: project based learning,aktivitas, hasil belajar, IPA
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. d. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Indrastoeti, J. Dan Istiyati, S. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press
Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta.
Novita, L., Sukmanasa,E., Pratama.M.Y.2019. Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SD. Indonesian Journal of Primary Education. Volume 3 Nomor 2. ISSN: 2597-4866
Nurrita, T.2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Misykat. Volume 3 Nomor 1.
Purwatiningsih, M.2021. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Kelas VIC SDN Pekayon 16 Pagi Jakarta Timur. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2021. Universitas Mulawarman.
Sanjaya,W.2016. Strategi Pembelajaran. Berorientasi Strandar Poses Pendidikan. Jakarta; Penerbit Prenadamedia.
Surya, A.P, Relmasira,Hardin, A.T.A. 2018.Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Peserta didik Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar. Vol 6. No.1
Samatowa,U.2006.Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: DepDikNas.
Sitorus, E.R.2021. Penerapan Metode Inquiry Dalam Materi Ajar Pewarisan Sifat Mata Pelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK). Vol.6, No.1
Utami,T., Firosalia, Anugraheni.I.2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas 3 SD. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). Vol.2. No.6, 541-552.
Wiriaatmadja.R.2014. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung; Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Yulihendri. 2021. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Materi Zat Tunggal Dan Campuran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think,Talk,Write (TTW) Pada Peserta didik Kelas V-B UPT SD Negeri 01 Limo Kaum. Ensiklopedia of Journal.Vol.3 No.4
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dini Wulan Sari, Farida Nugrahani, dan Suratno
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.