PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI JATISOBO 03

Penulis

  • Dini Wulan Sari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Farida Nugrahani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Suratno SD Negeri Jatisobo 03, Polokarto

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i2.3966

Kata Kunci:

project based learning, aktivitas, hasil belajar, IPA

Abstrak

Abstrak

Model pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengerjakan suatu proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja dan hasil belajar di kelas IPA dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek kepada peserta didik kelas V yang menggunakan metode penelitian kolaboratif untuk kegiatan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kognitif, observasi dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas kelas adalah: 1) Pada Siklus I masih terdapat peserta didik yang pasif dalam proses pembelajaran. Setelah dilakukan refleksi dalam pelaksanaan siklus II aktivitas belajar peserta didik ditingkatkan dengan melibatkan peserta didik dalam proyek eksperimen mata pelajaran IPA zat tunggal dan zat campuran. 2) Hasil belajar peserta didik pada Siklus I memiliki persentase 78% tuntas, sedangkan pada Siklus II tingkat ketuntasan meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Jatisobo 03. 

Kata kunci: project based learning,aktivitas, hasil belajar, IPA

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. d. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Indrastoeti, J. Dan Istiyati, S. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press

Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta.

Novita, L., Sukmanasa,E., Pratama.M.Y.2019. Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SD. Indonesian Journal of Primary Education. Volume 3 Nomor 2. ISSN: 2597-4866

Nurrita, T.2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Misykat. Volume 3 Nomor 1.

Purwatiningsih, M.2021. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Kelas VIC SDN Pekayon 16 Pagi Jakarta Timur. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2021. Universitas Mulawarman.

Sanjaya,W.2016. Strategi Pembelajaran. Berorientasi Strandar Poses Pendidikan. Jakarta; Penerbit Prenadamedia.

Surya, A.P, Relmasira,Hardin, A.T.A. 2018.Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Peserta didik Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar. Vol 6. No.1

Samatowa,U.2006.Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: DepDikNas.

Sitorus, E.R.2021. Penerapan Metode Inquiry Dalam Materi Ajar Pewarisan Sifat Mata Pelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK). Vol.6, No.1

Utami,T., Firosalia, Anugraheni.I.2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas 3 SD. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). Vol.2. No.6, 541-552.

Wiriaatmadja.R.2014. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung; Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Yulihendri. 2021. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Materi Zat Tunggal Dan Campuran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think,Talk,Write (TTW) Pada Peserta didik Kelas V-B UPT SD Negeri 01 Limo Kaum. Ensiklopedia of Journal.Vol.3 No.4

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-25

Terbitan

Bagian

Artikel