ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS GURU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK KELAS 1 SDN BURENGAN 2 KOTA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i2.4256Kata Kunci:
Analysi, Decision, StudentsAbstrak
Analisis tentang gaya kepemimpinan demokratis guru terhadap prestasi dan pola perilaku siswa di SDN Burengan 2 Kota Kediri, menjadi penting Tujuan penelitian ini yaitu analisis gaya kepemimpinan demokratis guru terhadap peningkatan prestasi akademik dan non akademik kelas 1 sdn burengan 2 kota Kediri. Metode merupakan cara yang ditempuh untuk memecahkan masalah suatu objek yang diteliti. Metode / pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif Dengan memberikan kebebasan dalam pengambilan keputusan, siswa merangsang. pemikiran kreatif dan pemecahan masalah yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak pada prestasi akademik dan non-akademik siswa, di mana mereka dapat mengaplikasikan pemikiran kritis dan kreativitas dalam memecahkan masalah dan menyelesaikan tugas-tugas yang kompleks.
Unduhan
Referensi
Adiyono, A. (2022). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU. FIKRUNA, 4(1). https://doi.org/10.56489/fik.v4i1.56
Anangsya, L. A., & Ardiansyah, M. (2022). ANALISIS RAPORT MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI NO. 176 INPRES LENGKESE II KECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 3(1). https://doi.org/10.26858/jak2p.v3i1.32082
Asmial. (2016). Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kontingensi Dan Implementasi Supervisi Demokratis Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA Di KOTA SUBULUSSALAM. Jurnal Administrasi PendidikanPendidikan, 1.
Azzumar, L. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. In Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Herni Mulatsih, H. M., Murniati, N. A. N., & Egar, N. (2018). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA PAUD DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MUTU PAUD DI KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 7(3). https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3143
Luthfiyah Kurniawati. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di SD Djama’atul Ichwan Surakarta. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 9(2). https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.226
Nurcahyo, F. (2013). Pengelolaan Dan Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di SMA/MAN/Sederajat Se-Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2).
Nurzaima, N. (2018). Identifikasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3). https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1847
Rosaliawati, B. N., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2020). HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p61
Suprianto, S., Kusjono, G., & Susanti, N. (2021). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(5). https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.12549
Yusmina, Y., Rusdin, R., & Hamlan, H. (2022). Analisis Sosial Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Al-Azhar Mandiri Kota Palu. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.900
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 KHOSHISHTI SHOFIN FARIHAT
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.