PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI BELAJAR KOGNITIVISTIK SISWA

Penulis

  • lima 1Cebu Technological University, Philippines
  • Meidawati Suswandari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Pebria Dheni Purnasari Institut Shanti Bhuana, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v7i1.5024

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan potensi belajar kognitivistik siswa dan 2) mendeskripsikan manfaat guru dalam mengembangkan potensi belajar kognitivistik siswa. Penulisan ini dilakukan melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) cara seorang pendidik/guru dalam mengembangkan potensi nalar/pikir/kognitif siswa adalah melalui meida pembelajaran yang konkret, penggunaan bahasa yang mudah dipahami siswa ketika memberikan penjelasan pada siswa, dan membangkitkan siswa saling berinteraksi untuk menggali ide/pendapat/gagasan di kelas. 2) Manfaat yang dapat diperoleh pendidik ketika mengembangkan teori belajar kognitif pada siswa adalah guru lebih siap dengan perangkat pembelajaran yang inovatif, kreatif dari media pembelajaran, guru lebih memahami setiap siswa memiliki perkembangan kognitifnya masing-masing, dan guru maupun siswa saling menghargai gagasan/ide agar menciptakan belajar yang bermakna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-03-09

Terbitan

Bagian

Artikel