ANALISIS PROGRAM ADIWIYATA PADA EKOLITERASI SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH 1 KABUPATEN KARANGANYAR
DOI:
https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i2.5035Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan program Adiwiyata di MIN 1 Karanganyar. (2) Mendeskripsikan kemampuan ekoliterasi siswa kelas IV MIN 1 Karanganyar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV sebanyak 13 orang. Teknik pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis program Adiwiyata terhadap ekoliterasi siswa kelas IV MIN 1 Karanganyar adalah: (1) Terdapat beberapa program yang dilaksanakan sebagai penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata. Program yang masih rutin dilaksanakan antara lain bank sampah, ecobrick, rumah kaca dan kegiatan ramah lingkungan. Namun saat ini program rumah kaca tidak lagi berjalan mulus karena keterbatasan dana. (2) Kemampuan ekoliterasi siswa kelas IV MIN 1 Karanganyar menunjukkan masih perlu ditingkatkan pada aspek kepala dan hati. Yang masih menjadi kekhawatiran pada aspek kepala siswa belum mampu menunjukkan ecoliteracy-nya karena pada subbab pemilahan sampah sebagian besar siswa belum memiliki kebiasaan memilah sampah. Meskipun hampir seluruh siswa mampu menyebutkan dan membedakan jenis sampah organik dan anorganik, namun mereka terkesan cuek dan tidak memperhatikan kegiatan pemilahan sampah. Sedangkan pada aspek hati, siswa juga belum mampu menunjukkan kemampuan ekoliterasinya karena masih ada sebagian siswa yang mengaku suka memetik bunga di pekarangan atau taman sekolah, hal ini tentu tidak mencerminkan empati terhadap tanaman. Tak hanya itu, masih ada sebagian siswa yang tidak berani menegur temannya jika membuang sampah sembarangan, misalnya di laci. Sedangkan pada aspek tangan, siswa mampu menunjukkan ecoliteracy melalui penggunaan alat kebersihan yang benar, mampu menunjukkan kebiasaan membawa perbekalan dari rumah sebagai solusi untuk mengurangi dampak permasalahan penumpukan sampah plastik, dan siswa mampu mampu menunjukkan sikap hemat listrik dan air di sekolah.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Moefty Mahendra, Sri Utami Dewi, Ajang Ramdani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.