STUDI LITERATUR: HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Meazza Ratry Aryaningrum Univesitas Negeri Jakarta
  • Yustia Suntri Universitas Negeri Jakarta
  • Engga Dallion E.W Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v7i2.5349

Abstrak

Disiplin memainkan peran penting dalam membentuk perilaku siswa, etos kerja, dan keberhasilan akademik secara keseluruhan. Disiplin belajar dengan hasil belajar memiliki korelasi yang sangat erat karena beberapa alasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur yang berkaitan dengan permasalahan pada hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa Sekolah Dasar. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai studi literatur. Berdasarkan hasil studi literatur menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa sekolah dasar. Kedisiplinan belajar, seperti ketepatan dan ketelitian dalam mengerjakan tugas, manajemen waktu belajar, dan memperhatikan pelajaran, sangat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Sebaliknya, ketidakdisiplinan, seperti kurangnya manajemen waktu, keterlambatan atau tidak mengerjakan tugas, dan tidak memperhatikan pelajaran, dapat mengakibatkan penurunan hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-07-24

Terbitan

Bagian

Artikel