PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SISWA KELAS V SD NEGERI TLOGO

Penulis

  • Apriliya Findy Yonanta Universitas PGRI Yogyakarta
  • Henry Aditia Rigianti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Heru Purnomo Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v7i1.5371

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi melalui model pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tlogo dengan responden peserta didik kelas V, literasi numerasi di kelas 5 masih rendah antara literasi dan numerasi yang lebih menurun yaitu di numerasi karena peserta didik kelas 5 malas menghitung soal matematika porogapit. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, dengan urutan planning, acting, observing, reflecting. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan cara memberikan soal porogapit kepada peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasional menggunakan uji normalitas dengan uji Kolmogrov-smirnow. Indikator keberhasilan penelitian ini dikatakan berhasil apabila rata – rata presentase tiap indicator aktivitas peserta didik mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan literasi dan numerasi. Hasil presentase pada siklus I yaitu 42% lalu pada siklus 72%, jadi dikatakan berhasil karena memenuhi kriteria keberhasilan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-03-05

Terbitan

Bagian

Artikel