PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS MELALUI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SD NEGERI 1 WONOKARTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.32585/jdb.v3i1.574Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 1 Wonokarto Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam pengelolaan kelas melalui penerapan active knowledge sharing. Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SD Negeri 1 Wonokarto dengan subjek penelitian semua guru SD Negeri 1 Wonokarto Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 8 orang guru. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah. Penilaian Kemampuan Guru dilakukan dengan teknik observasi dengan lembar observasi. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptip komparatif. Data empirik hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 1 Wonokarto Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam pengelolaan kelas. Dari kondisi awal nilai rata-rata kemampuan guru hanya 43,1 atau D kualifikasi Kurang, meningkat pada siklus I nilai rata-rata kemampuan guru menjadi 69,8 atau C kualifikasi Cukup, dan meningkat lagi pada siklus II nilai rata-rata kemampuan guru menjadi 78,5 atau B kualifikasi Baik. Peningkatan juga ditunjukkan dari kondisi awal pada indikator komponen dengan 3 indikator komponen Kurang dan 7 indikator komponen Sangat Kurang dengan rata-rata E atau kualifikasi Sangat Kurang, meningkat pada siklus I dengan indikator komponen 2 indikator komponen Baik, 4 indikator komponen Cukup dan 4 indikator komponen Kurang dengan rata-rata C atau kualifikasi Cukup. Meningkat lagi pada siklus II menjadi ada 4 indikator komponen Amat Baik, dan 6 indikator komponen Baik, dengan rata-rata komponen B atau Baik. Kesimpulan dari data di atas adalah melalui penerapan active knowledge sharing dapat meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 1 Wonokarto dalam pengelolaan kelas Tahun Pelajaran 2019/2020
Kata kunci : Kemampuan Guru, Pengelolaan Kelas, Active Knowledge Sharing
Unduhan
Referensi
Ade Rukmana dan Asep Suryana. 2006. Pengelolaan Kelas. Bandung: UPI Press
Adhayati, Suid,Tursinawati. 2016. Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Untuk Siswa Yang Berkebutuhan Khusus Di SDN 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 2, 1-10 Oktober 2016
Dendy Sugono. 2010. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Dewi, 2012. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada
Mantja, W. 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Elang Mas
Nafi’a, 2012, Pengaruh Penggunaan Model Active Knowledge Sharing dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Rina Apriliyana dan Benedictus Kusmanto. 2016. Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X-A SMA Piri 1 Yogyakarta. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 1, Maret 2016
Silberman, Mel. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Diterjemahkan oleh Sarjuli dkk. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani dan YAPPENDIS
Siwi, D. A. 2018. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Grafis dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Dikdas Bantara, 1(2).
Uzer, Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Wijaya, H. ES dan Tabrani Rusyan. 2012. Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Nine KaryaJaya
Zaini, Hisyam, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.