BUKU JENDELA DUNIA: PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 3 SITIREJO WAGIR

Penulis

  • Nurul Azizah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Meidawati Suswandari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Rita Sundari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Yuhanida Milhani Universitas Negri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v7i2.5740

Abstrak

Artikel ini membahas tentang peran perpustakaan dalam mendukung proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SDN 3 Sitirejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Pokok masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa SDN 3 Sitirejo dan faktor yang menjadi penghambat perpustakaan dalam mendukung proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Proses Pembelajaran dan faktor yang menjadi penghambat perpustakaan dalam mendukung proses pembelajaran siswa SDN 3 Sitirejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif. Dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan alat bantu berupa pedoman wawancara, kamera handphone dan tape recorder. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan verifkasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perpustakaan sangatlah berperan penting dalam mendukung proses pembelajaran siswa SDN 3 Sitirejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang karena siswa sudah memanfaatkaan perpustakaan dalam proses pembelajaran dan perpustakaan menyediakan koleksi yang dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi pengguna dengan menyesuaikan kurikulum di sekolah sehingga dapat menunjang proses pembelajaran, hanya saja dari segi (SDM) pengelola perpustakaan yang tidak berlatar belakang ilmu perpustakaan sehingga belum memiliki mutu dan kualitas sebagai tenaga profesional apalagi dia juga merangkap sebagai tenaga pengajar sehingga pelayanan di perpustakaan tidak terlalu efektif selain itu kurangnya jumlah eksemplar buku dari sebagian mata pelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-03-24

Terbitan

Bagian

Artikel