Peningkatan Sikap dan Keterampilan Sains Siswa melalui Pembelajaran Materi Rangka, Otot, dan Sendi berbasis Video IPA dengan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL)

Penulis

  • Nola Fajria Univertas Bina Bangsa Getsempena, Aceh
  • Siti Mayang Sari Universitas Bina Bangsa Getsempena, Aceh
  • Lili Kasmini Universitas Bina Bangsa Getsempena, Aceh

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v8i1.5742

Abstrak

Rendahnya minat siswa terhadap materi IPA seperti rangka, otot, dan sendi memerlukan strategi inovatif untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap dan keterampilan sains siswa melalui pembelajaran materi rangka, otot, dan sendi berbasis video IPA dengan metode pembelajaran berbasis proyek (PJBL). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 61 Banda Aceh dengan populasi seluruh siswa di sekolah tersebut. Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes, sementara teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada sikap dan keterampilan sains siswa setelah pembelajaran berbasis proyek (PJBL) menggunakan video IPA. Rata-rata nilai sikap meningkat dari 60,18 menjadi 74,91 dengan variansi menurun dari 31,45 menjadi 22,45, dan nilai t-statistik sebesar -28,34. Keterampilan sains juga meningkat dari 72,09 menjadi 93,56 dengan variansi menurun dari 33,25 menjadi 31,39, dan nilai t-statistik sebesar -53,17. Kesimpulannya, kedua variabel menunjukkan korelasi kuat antara pretest dan posttest dengan nilai p jauh lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa metode yang diterapkan efektif dalam meningkatkan sikap dan keterampilan sains siswa. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-06-22

Terbitan

Bagian

Artikel