UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENGUASAAN GERAK DASAR LOMPAT DAN LONCAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN
DOI:
https://doi.org/10.32585/jdb.v3i1.575Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar Penguasaan Gerak Dasar Lompat dan Loncat melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas V SD SD Negeri 2 Sonoharjo Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sonoharjo Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 15 siswa yang terbagi atas 8 putra dan 7 putri. Sumber data terdiri dua yaitu (1) data primer yaitu, hasil belajar dan proses pembelajaran dan motivasi siswa terhadap atletik khususnya penguasaan gerak dasar lompat dan loncat pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sonoharjo Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 15 siswa, (2) data skunder yaitu, berupa RPP, Silabus dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui tes penguasaan lompat dan loncat dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar penguasaan gerak dasar lompat dan loncat siswa kelas V SD Negeri 2 Sonoharjo Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019. Kondisi awal proses pembelajaran dengan indikator kesiapan siswa ,keberanian dan keaktifan siswa sebelum dilakukan PTK sebanyak 5 siswa (33%),pada siklus I menjadi 70% dan pada siklus 2 sebesar 87% (13 siswa). Motivasi tinggi belajar penguasaan gerak dasar lompat dan loncat hanya 5 siswa (33%). Pada siklus I dengan dua pertemuan peningkatan motivasi menjadi 7 siswa (47%). Pada siklus II dengan dua pertemuan meningkat menjadi 12 siswa (80%).Hasil belajar siswa dari prasiklus 40% menjadi 60 % pada siklus 1 dan pada siklus 2 ketuntasan sebesar 100%. Simpulan penelitian ini sebagai berikut: Melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar penguasaan gerak dasar lompat dan loncat pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sonoharjo Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019. Pembelajaran lebih menarik,motivasi belajar meningkat dan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran
Kata kunci : Pendekatan bermain, Hasil Belajar, Motivasi
Unduhan
Referensi
Adam Setyawan.2010. Upaya Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Dengan
Pendekatan Bermain pada siswa kelas IV SD Negeri Sukogelap Purworejo
Aip Syarifudin. 1992.Olahraga Pilihan Atletik. Depdikbud, Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
BSNP. 2006.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Jakarta.Depdikbud
Devi Ari Mariani, 2008.Bermain dan Kreatifitas Anak Usia Dini.Artikel Jurnal
Dimyati, 2009.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:PT.Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono, 2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka cipta
Donal dalam Djamarah , 2008.Psikologi Belajar .Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah B.Uno.2008. Perencanaan Pembelajaran.Jakarta:Bumi Aksara
Hamalik Oemar.2010.Proses Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta
Hamzah B.Uno.2011.Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta:Bumi Aksara
Hibana Rahman. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.
Matakupan ,1995.Teori Bermain.Jakarta : Depdikbud, Universitas Terbuka
Mochamad Djumindar, 2004.Gerak-Gerak Dasar Atletik Dalam Bermain,Jakarta : Raja Grafindo Persada
Nana Sudjana, 2009.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sasi Mahfiroh,2011.Upaya Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Sumampir Rembang Kabupaten Purbalingga
Sardiman.AM,2006.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar .Jakarta:Grafindo
Syaiful Bahri Djamarah.2002.Strategi Belajar Mengajar,Jakarta: Rineka Cipta
Sukintaka, 1998.Teori Bermain .untuk D2 PGSD Penjaskes,Jakarta:Dirjen Depdikbud
Sukintaka,2001.Teori Pendidikan Jasmani .Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia
Sutrisno, T. (2019). PEMBELAJARAN BERMAIN MELALUI RANGSANGAN TINGGI DAN JARAK DITINJAU DARI KECEPATAN. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1).
Utami Munandar,2009.Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Yuli Triyanto ,2011 . Lompat Tinggi Dengan Alat Bantu Kardus dan Matras Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tanjung Magelang
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.