PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI PICTURE INDEX CARD MATCH PADA SISWA SMP NEGERI 2 SUKOHARJO

Penulis

  • kenang tri hatmo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v3i1.576

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia melalui strategi  Picture Index Card Match pada siswa kelas IX SMP N 2 Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 tahapan pada masing-masing siklus yang meliputi: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subyek penelitian ini yaitu kelas IX SMP Negeri 2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan strategi Picture Index Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMP N 2 Sukoharjo.  Data terlihat adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dari lembar observasi siklus I sebesar 53,48% dan angket siklus 1 80,23%, sedangkan lembar observasi siklus II sebesar 65,63% dan angket siklus II sebesar 83,87%.

 

Kata Kunci: strategi Picture Index Card Match, motivasi belajar Bahasa Indonesia

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alwan, Menza Hendri, dan D. (2017). Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal EduFisika, 02(01).

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BADRUS SHOLEH, H. S. (2018). Vol 3 No 2 Oktober 2018. PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi Dan Bisnis, 3(2).

Bima, A. F. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Termodinamika. 8(1), 26–31.

Dan, M., & Sarah, S. (2018). Karakteristik Ragam Bahasa Hukum dalam Teks Qanun Aceh. Jurnal Master Bahasa, 6(2), 183–194.

Darojah, S. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tauhid Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2018 / 2019. 3(November 2018), 459–472.

Firman, F. A. dan. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match , Aktivitas. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Koseling, (January).

Hitipeuw, I., & Malang, P. N. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(6), 806–809.

Johan, G. M. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. 18(April), 136–149. https://doi.org/10.17509/bs

Karimah, A. A. R. dan S. (2018). gmail.com, 2. Jurnal At-Taqaddum, 10(1), 95–108.

Muhajis, D. D. A. N. (2018). Analisis hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada sekolah dasar negeri 3 allakuang kecamatan maritengngae kabupaten sidenreng rappang. II(2), 216–228.

Sari, N., & Sunarno, W. (2018). Sekolah Menengah Atas the Analysis of Students Learning Motivation on Physics Learn- Ing in Senior Secondary School. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17–32.

Sri Hardianti Sartika, D. D. & I. W. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa Sri Hardianti Sartika , Dadang Dahlan & Ikaputera Waspada. Jurnal Manajerial, 3(4), 39–51.

Us, D. T. S. dan T. (2016). Motor the factors causing the low learning motivation and the solutions. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, XIII(2), 14–21.

Yuniantika, D. (n.d.). Penerapan metode pembelajaran index card match untuk. 347–352.

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-16

Terbitan

Bagian

Artikel