PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS

Penulis

  • Suratmin Suratmin

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v3i1.582

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IX-H Semester Gasal SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2018 di SMP Negeri 2 Sukoharjo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-H  sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan   teknik   dokumentasi, observasi, dan  tes tertulis.  Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir  soal tes, dan dokumen  daftar  nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, nilai bahasa Inggris rata-rata prestasi belajar bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 69,90,  pada siklus I sebesar 74,18 dan pada siklus II sebesar 80,12 Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 56,25%, siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran kooperatif tipe STAD  dapat meningkatkan prestasi belajar membaca teks report bahasa Inggris siswa kelas IX-H Semester Gasal SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2019/2020”.

 

Kata kunci : Prestasi Belajar Membaca Teks Report, Model Pembelajaran STAD

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi.2006.ProsedurPenelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Hartono, A. C. (2018). Peningkatkan Prestasi Matematika Pada Siswa KelasVIII dengan Student Teams-Achievement Division. Jurnal Dikdas Bantara, 1(2).

Mahendra, M., & Setiyani, S. (2019). KORELASI MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1).

SardimanA.M.2010.InteraksidanMotivasiBelajarMengajar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudiyana.2012.PenelitianTindakanKelas.Yogyakarta: Cakrabooks dan Bradelvi.

Suprijono, Agus.2013.Cooperative Learning TeoridanAplikasinya. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Warsono,Hariyanto.2013.Pembelajaran Kooperatif Teori dan Assesmen. Bandung: PT RemajaRosdakarya Offset.

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-16

Terbitan

Bagian

Artikel