PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS VIII I SEMESTER I
DOI:
https://doi.org/10.32585/jdb.v3i1.583Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui metode examples non examples siswa kelas VIII I Semester I SMP Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2019/ 2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Sukoharjo yang berjumah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan pada akhir siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar bahasa Inggris 80,00, dan ketuntasan minimal 90% yang diajar dengan metode examples non example. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa bahasa Inggris, yaitu: adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa bahasa Inggris, yaitu: nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 70,5, pada siklus I sebesar 75,13, dan pada siklus II sebesar 81,6. Peningkatan nilai ketuntasan minimal, yaitu: sebelum tindakan 56,25%, pada siklus I sebesar 78,125% dan pada siklus II sebesar 100%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas siswa telah mencapai indikator yang ditentukan yaitu 80,00 dan nilai ketuntasan minimal siswa telah mencapai indikator yang ditentukan yaitu 90%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode examples non examples dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII I Semester I SMP Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2019/ 2020.
Kata kunci : prestasi belajar bahasa Inggris, metode examples non examples
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Iskandarwassid, dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu mudah (Classrom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mahendra, M., & Setiyani, S. (2019). KORELASI MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1).
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sudiyana, B. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cakrabook dan Bradelvi.
Sukarno. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Prinsip-prinsip Dasar, Konsep, dan Implementasinya). Surakarta: Media Perkasa.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.