PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS

Penulis

  • Miyarti Miyarti

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v3i2.866

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar  IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tawangsari tahun pelajaran 2019-2020. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tawangsari  tahun pelajaran 2019-2020  sebanyak 32 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk  subjek pelaku tindakan adalah guru IPA kelas IX A selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar  IPA siswa kelas IX A SMP Negeri 1Tawangsari tahun pelajaran 2019-2020. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar  IPA siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 71, pada siklus I sebesar 77 dan pada siklus II sebesar 85. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 47%, pada siklus I sebesar 66% dan pada siklus II sebesar 97%.

 

Kata kunci : pembelajaran kooperatif, jigsaw, prestasi belajar  IPA

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik prosedur. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Astuti, Siti Irene. 2007. Desentralilsasi Pendidikan dan Ketimpangan Mutu pada tingkat Satuan Pendidikan. Makalah Simposium Nasional 2007, Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Balitbang, Depdiknas RI.

Den Brok, P.et. al. 2002. Diagnosin and Improving The Quality of Techers Inter Persolen Behaviar. The Internasional Journal of Educational Management. Vol. 16, No. 4 176 – 184, MBC Up Limited.

Depdiknas. 2003. Indikator Pendidikan di Indonesia. Jakarta: LitBang Depdiknas.

Iskandar, Srini M. 2006. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dasar-dasar Sains dengan Menggunakan Pembelajaran Berkelompok (Learning Together) dan Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching). Jurnal Penelitian Kependidikan.

Joyce, B. dan Marsha Weil. 1996. Models of Teaching. Needham Heights: Allyn & Bacon.

Poerwadarminta. 1976. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Slavin, Robert, E. 1995. Cooperatif Learning Research and Practise. Boston: Allyn & Bacon.

Sukmadinata, N.S., dkk. 2002. Pengendalian mutu pendidikan sekolah menegah. Bandung: Kesuma Karya.

Tim PTBK. 2004. Buku Panduan Materi Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-16

Terbitan

Bagian

Artikel