Implementation of Field Study as an Active Learning Strategy in a Tourism Geography Course

Penulis

  • Dwi Partini Universitas Pattimura
  • Asep Universitas Pattimura
  • Dewilna Helmi Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.32585/jgse.v7i2.7535

Kata Kunci:

field study , active learning , tourism , geography learning

Abstrak

Pembelajaran aktif merupakan pendekatan penting dalam menciptakan suasana belajar yang dinamis dan aplikatif. Salah satu metode pembelajaran aktif yang relevan dalam mata kuliah Geografi Pariwisata adalah field study. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis implementasi field study sebagai strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods yang melibatkan 30 mahasiswa dan 1 dosen pengampu dalam kegiatan lapangan di Rumah Pohon Waai, Maluku Tengah. Data kuantitatif diperoleh melalui angket, tes, dan penilaian laporan akhir, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui observasi, wawancara, dan refleksi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa field study secara signifikan meningkatkan pemahaman konseptual, keterampilan analitis, serta motivasi dan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran Geografi Pariwisata. Artikel ini merekomendasikan penerapan field study secara lebih luas dalam pembelajaran berbasis pengalaman di pendidikan tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-11-19

Cara Mengutip

Partini, D., Asep, & Helmi, D. (2025). Implementation of Field Study as an Active Learning Strategy in a Tourism Geography Course. Journal of Geography Science and Education, 7(2), 49–55. https://doi.org/10.32585/jgse.v7i2.7535

Terbitan

Bagian

Artikel