ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI TRANSLITERASI AKSARA BALI PADA PEMBELAJARAN BAHASA BALI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.32585/kawruh.v4i2.2194Keywords:
Aplikasi, Transliterasi Aksara Bali, MenulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi transliterasi aksara Bali pada pembelajaran bahasa Bali tingkat SMA, serta faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan aplikasi transeliterasi aksara Bali di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA, sedangkan objek penelitian adalah: 1) pemanfaatan aplikasi transliterasi aksara Bali pada pembelajaran bahasa Bali tingkat SMA, 2) faktor pendukung pemanfaatan aplikasi transliterasi aksara Bali pada pembelajaran bahasa Bali tingkat SMA. Adapun hasil yang didapat yaitu aplikasi ini sangat bermanfaat bagi siswa dalam pembelajaran , siswa lebih fokus belajar aksara Bali, nilai siswa dalam menulis aksara Bali meningkat. Penelitian ini juga bermanfaat bagi guru dalam pengembangan pembelajaran inovatif di kelas, selain itu penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk melakukan penelitian sejenis.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmuni. (2020). “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya”. Jurnal Pedagogy. Volume 7. Nomor 4
Fausan, Sri Ati. (2018). “ Pemanfaatan Aplikasi iPusnas Berbasis Android Di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia”. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol 7. No. 4 Diambil dari https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1438808 (Diakses Senin, 08 Agustus 2021).
Hikmawan, Try, Alit Starino. 2018. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol 3. No 1 Diambil dari : https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/9459/5849 (Di akses Minggu, 09 Agustus 2021)
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang: Pustakaraya.
Maknuni, Jauharil. (2020). “Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19”. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL). Vol.2. No. 2
Maknuni, Jauharil. (2020). “Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19”. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL). Vol.2. No. 2
Margono. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Pohan, Albert Efendi. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Batam : CV Sarnu Untung
Scawab. Klaus. (2016). The Fourth Industrial Revolution: what it means, how to respond. Di ambil dari : https://www.weforum.org/agenda/2016/01/the-fourth- industrialrevolution-what-it-means-and-how-to-respond/ (diakses Selasa, 16 Februari 2020)
Suardi, Moh. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Deeppublish
Sugiyono.(2006).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.
Wina, Sanjaya. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.