Fokalisasi Tiga Cerpen Pilihan dalam Kumpulan Cerpen Taman Tanpa Aturan Karya Noor. HD

Kajian Naratologi Gerard Genette

Penulis

  • Erlin Aryulita Universitas Gajah Mada
  • Novi Siti Kussuji Indrastuti Universitas Gajah Mada
  • Venny Indria Ekowati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/kawruh.v7i1.7136

Kata Kunci:

Narrative, Genette, Focalization, Taman Tanpa Aturan

Abstrak

Menjadi anak adalah tahap yang paling membahagiakan dari seluruh rangkaian peristiwa daur hidup manusia. Dunia pada masa kanak-kanan adalah dunia yang terindah dan keindahan berubah seiring bertambahnya usia. Seperti dalam kumpulan cerpen berjudul Taman Tanpa Aturan karya Noor H. Dee, menyajikan imajinasi anak-anak dari pengetahuan dan simbol-simbol yang ditemuinya. Mitos-mitos, berbagai aturan sosial, harapan orang tua terhadap anak, simbol-simbol yang ditemukan dalam bahasa dapat memengaruhi kreativitas anak dalam menciptakan imajinasinya. Berbagai pertanyaan dan rasa keingin tahuan anak dalam buku cerita anak Taman Tanpa Aturan disajikan dengan cerita bergenre fantasi tinggi.

            Dari dua puluh empat judul dalam buku kumupulan cerpen Taman Tanpa Aturan dipilih tiga judul yang menarik, yakni 1) Rambut Jeruk Alma, 2) Gelembung Sabun, dan 3) Taman Tanpa Aturan. Dengan meminjam kajian naratologi yang dikemukakan Gerard Genette penelitian ini mengungkapkan teknik narasi yang digunakan oleh Noor H.Dee dalam menyampaikan pesan-pesan untuk anak-anak melalui karyanya. Dengan metode deskriptif kualitatif data dalam penelitian ini dianalisis melalui teknik naratif Gerard Genette yang terdiri dari duration, mood, dan voice. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan fantasi-fantasi yang dialami oleh tokoh-tokoh di dalam cerita ada di level extradiegetic-heterodiegetic dengan fokalisasi nol pada cerpen berjudul Rambut Jeruk Alma dan Gelembung Sabun. Sedangakan dalam cerpen berjudul Taman Tanpa Aturan level narasi teridentifikasi berada pada tingkat heterodiegetic selektif karena fokalisasi tersusun dri perpaduan fokalisasi nol dan fokalisasi internal. 

Kata kunci: Naratif, Genette, Fokalisasi, Taman Tanpa Aturan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akillah, A. Y. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Anak Kupetik Bintang Karya Rizky Nur Fajri: Kajian Sosiologi Sastra. Sarasvati, 6(1), 33–47.

Faruk, H. T. (2012). Metode penelitian sastra: sebuah penjelajahan awal. Pustaka Pelajar.

Genette, G. (1988). Narrative Discourse Revisited. Cornell University.

Herdiansyah, H. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Hobyane, R. S. (2022). Character focalisation and its function in the story of Susanna. HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 78(1), 7641.

Huck, C. S. (1993). Children’s literature in the elementary school. ERIC.

Lukman, L. (2011). Proses Pembentukan Subjek: Antropologi Filosofis Jacques Lacan. PT Kanisius.

Magnis-Suseno, F. (1984). Etika Jawa. Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Penerbit PT Gramedia.

Margana, S. (2004). Pujangga Jawa dan bayang-bayang kolonial. (No Title).

Muktiali, S., Edy, S., & Nenda, N. (2024). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Gemar Membaca terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 499–509.

Muslimin, M. F., & Zaki, A. (2022). Antara Pembaca Anak atau Dewasa: Membuka Tabir Fiksi Semua Ikan di Langit: Between Children and Adult Readers: Uncovering Fiction Semua Ikan di Langit. TOTOBUANG, 10(2).

Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. UGM PRESS. https://books.google.co.id/books?id=_ZtjDwAAQBAJ

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. UGM press.

Piaget, J., & Cook, M. (1952). The origins of intelligence in children (Vol. 8, Issue 5). International universities press New York.

Pitari, P. (2022). In Defense of Literary Truth: A Response to Truth, Fiction, and Literature by Peter Lamarque and Stein Haugom Olsen to Inquire into No-Truth Theories of Literature, Pragmatism, and the Ontology of Fictional Objects. Literature, 3(1), 1–18.

Purnomowulan, N. R. (2016). Penulisan Sastra Anak: Sederhana Yang Tidak Mudah. Seminar Nasional Sastra Anak” Sastra Anak Dan Kreativitasnya”, Yogyakarta.

Ratna, N. K. (2022). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra.

Sa’adah, S. I. (2018). Kajian naratologi genette dalam tiga cerita pendek pilihan kompas tahun 2000an. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 2(2), 119–125.

Sheikh, A. R., Munaf, M. A., & Sultan, A. (2022). Facets of Focalisation in James Joyce’s A Painful Case: A Narrative Analysis. Pakistan Journal of Humanities and Social Sciences, 10(4), 1668–1678.

Sukirman, S. (2021). Karya sastra media pendidikan karakter bagi peserta didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27.

Sulyandari, A. K. (2021). Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Guepedia.

Teew, A. (1988). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya-Girimukti Pasaka.

Wahyuni, D. (2022). Pengaruh Minat Baca dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(2), 231–240.

Zahro, A., & Indrastuti, N. S. K. (2024). Suara Naratif dalam Na Willa Karya Reda Gaudiamo: Perspektif Naratologi Gerard Genette. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 53–70.

Zhang, E. (2021). Naratif dan Pendidikan Manusia Berdaya dalam Filsafat Paul Ricoeur. PT Kanisius.

Diterbitkan

2025-09-12

Cara Mengutip

Aryulita, E., Novi Siti Kussuji Indrastuti, & Venny Indria Ekowati. (2025). Fokalisasi Tiga Cerpen Pilihan dalam Kumpulan Cerpen Taman Tanpa Aturan Karya Noor. HD : Kajian Naratologi Gerard Genette. Kawruh: Journal of Language Education, Literature, and Local Culture, 7(1), 82–91. https://doi.org/10.32585/kawruh.v7i1.7136

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.