Investigasi Perubahan Gaya Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran: Penelitian Longitudinal

Authors

  • Surya Akbar Universitas Islam Sumatera Utara
  • Tezar Samekto Darungan Universitas Islam Sumatera Utara
  • Halimah Tania Universitas Islam Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1438

Keywords:

Learning Style, VAK, Changes.

Abstract

Gaya belajar mahasiswa dapat bervariasi dari visual, auditori, dan kinestetik. Beberapa penelitian memperlihatkan adanya perubahan gaya belajar seiring dengan waktu. Namun, pada beberapa penelitian lainnya hal ini tidak tergambarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan gaya belajar mahasiswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Desain penelitian kohort digunakan pada penelitian ini. Sebanyak 63 responden mengikuti penelitian ini. Pengukuran dilakukan dua kali, yaitu pada saat responden berada ditahun pertama dan tahun ketiga saat mengikuti program pendidikan dokter. Data yang didapat akan dianalisis secara deskriptif dan analitik. Uji analitik yang digunakan adalah uji alternatif Chi-Square yaitu uji Kolmogorov-Smirnov Z. Hasil pengukuran didapatkan mayoritas gaya belajar mahasiswa baik ditahun pertama atau tahun ketiga dalam kategori unimodal. Gaya belajar unimodal terbanyak adalah visual, diikuti dengan auditori dan kinestetik. Gaya belajar bimodal terbanyak adalah visual kinestetik. Uji komparasi gaya belajar tahun pertama dengan tahun ketiga didapatkan nilai p=0,832 (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara gaya belajar mahasiswa ditahun pertama dengan tahun ketiga. Namun, terdapat perubahan gaya belajar mahasiswa seiring dengan waktu. Karakteristik institusi dapat menjadi faktor yang mempengaruhi gaya belajar mahasiswa. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menganalisis hal tersebut.

References

Akbar, S. (2020). Changes in Learning Style: Does it Change? South-East Asian Journal of Medical Education, 14(2), 150–152.

Aldosari, M. A., Aljabaa, A. H., Al-Sehaibany, F. S., & Albarakati, S. F. (2018). Learning style preferences of dental students at a single institution in Riyadh, Saudi Arabia, evaluated using the VARK questionnaire. Advances in Medical Education and Practice, 9, 179–186.

AlKhasawneh, E. (2013). Using VARK to assess changes in learning preferences of nursing students at a public university in Jordan: Implications for teaching. Nurse Education Today, 33(12), 1546–1549.

Anonim. (2019). Learning Style Inventory. EOP Sans Jose State University.

Atkinson, R. ., & Shiffrin, R. . (1968). Human memory: a proposed system and its control processes. Psychology of Learning and Motivation, 2, 89–195.

Awla, H. A. (2014). Learning Styles and Their Relation to Teaching Styles. International Journal of Language and Linguistics, 2(3), 241–245.

Balasubramaniam, G., & Indhu, K. (2016). A Study of Learning Style Preferences among First Year Undergraduate Medical Students Using VARK Model. Education in Medicine Journal, 8(4), 15–21.

Barbe, W. B., & Milone Jr, M. N. (1981). What we know about modality strengths. Educational Leadership, 38, 378–380.

Brown, B. L. (2003). Teaching Style vs Learning Style. ERIC, 26, 1–2.

Dantas, L. A., & Cunha, A. (2020). An integrative debate on learning styles and the learning process. Social Sciences & Humanities Open, 2, 1–5.

Johnson, M. (2009). Evaluation of Learning Style for First Year Medical Students. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3(1), 1–15.

Karim, M. R., Asaduzzaman, A., Talukder, M. H. K., Alam, K. K., Haque, F., & Khan, S. J. (2019). Learning Style Preferences Among Undergraduate Medical Students: An Experience from Different Medical Colleges of Bangladesh. Bangladesh Journal of Medical Education, 10(2), 26–30.

Kharb, P., Samanta, P. P., Jindal, M., & Singh, V. (2013). The learning styles and the preferred teaching-learning strategies of first year medical students. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 7(6), 1089–1092.

Marwaha, K., Sharma, U., Bhagat, A., & Kapoor, N. (2019). Learning Preferences of Undergraduate Dental Students: A longitudinal Assessment Over Four Years. Indian Journal of Physiology and Pharmacology, 63(2), 182–188.

Mitchell, E. K. L., James, S., & Damore, A. (2015). How learning styles and preferences of first-year nursing and midwifery students change. Australian Journal of Education, 59(2), 158–168.

Newble, D. I., & Entwistle, N. J. (1986). Learning styles and approaches: implications for medical education. Medical Education, 20(3), 162–175.

Ormrod, J. E. (2016). Human Learning (7th ed.). Pearson Education.

Pashler, H., McDaniel, M., Rohrer, D., & Bjork, R. (2008). Learning styles: concepts and evidence. Psychological Science in the Public Interest, 9(2), 105–119.

Prithishkumar, I. J., & Michael, S. A. (2014). Understanding your student: Using the VARK model. Journal of Postgraduate Medicine, 60(2), 183–186.

Ridwan, H., Sutresna, I., & Haryeti, P. (2019). Teaching styles of the teachers and learning styles of the students. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1)

Saga, Z., Qamar, K., & Trali, G. (2015). Learning Styles-Understanding for Learning Strategies. Medical Education, 65(5), 706–709.

Weng, F., Ho, H. J., Yang, R. J., & Weng, C. H. (2019). The influence of learning style on learning attitude with multimedia teaching materials. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(1), 1–9.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Akbar, S., Darungan, T. S., & Tania, H. (2021). Investigasi Perubahan Gaya Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran: Penelitian Longitudinal. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 214–223. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1438

Issue

Section

Artikel