PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.25Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wuryantoro pada pokok bahasan komposisi fungsi menggunakan model pembelajaran problem based learning. (2) Apakah hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wuryantoro pada pokok bahasan komposisi fungsi mengunakan problem based learning dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar menggunakan tes, sedangkan untuk aktifitas belajar menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Siswa semakin aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika pada pokok bahasan komposisi fungsi menggunakan model pembelajaran problem based learning. (nilai rata-rata aktifitas belajar untuk tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut 77, 80, dan 82, sedangkan persentase ketuntasannya berturut-turut 59, 75, dan 84). (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wuryantoro pada pokok bahasan komposisi fungsi mengunakan problem based learning dapat meningkat. (nilai rata-rata hasil belajar untuk tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut 73, 75, dan 77, sedangkan persentase ketuntasannya berturut-turut 53, 66, dan 81).Kata-kata Kunci: Pembelajaran Problem Based Learning, aktivitas belajar siswa, prestasi belajar
Downloads
References
Abdullah, NI, Tarmizi, R, dan Abu, R. (2010). The Effects of Problem Based Learning on Mathematics Performance and Affective Attributes in Learning Statistics at Form Four Secondary Level. Universiti Putra Malaysia. International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010), pp 370-376
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Cetakan Ke-2. Jakarta : Rineka Cipta
Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung : Yrama Widya.
Arends, R. (2008). Learning To Teach. New York: McGraw-hill.
Arikunto, S dan Jafar, C. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Bilgin, I, Senocak, E, dan Sozbilir, M. (2009). The Effect of Problem Based Learning Instruction on University Students Performance. Eurasia Journal of Mathematic, Science, and Technology Education, 2009, 5(2) 153-164
Fathurrohman, M. (2015). Model - Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta :Ar-Ruzz Media
Fermansyah, D. (2005). Matematika Program Ilmu Alam Kelas XI. Bogor : Regina
Hollands, R. (1991) Kamus Matematika (Terjemahan Naipospos Hutauruk). Jakarta : Erlangga
Joyce, B., Weil, M. dan Calhoun, E. (2011). Model of Teaching- Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Padmavathy, R.D. dan Mareesh .K. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal. Vol-II, Issue-I, Jan-2013, pp 45-51
Purwoto. (2000). Strategi Pembelajaran Matematika. Surakarta : UNS Press
Rahayu, ES dan Nuryata, I. (2010). Pembelajaran Masa Kini. Jakarta Timur : SMKN 7 Jakarta
Rakhmat, C dan Suherdi D. (2001). Evaluasi Pengajaran. Bandung : Maulana
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo
Setiawan. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika SMA. Yogyakarta : PPPPTK Matematika
Sheryl MacMath, John Wallace, dan Xiaohong Chi. (2009). Problem-Based Learning in Mathematics: A Tool for Developing Students’ Conceptual Knowledge. The Literacy and Numeracy Secretariat. University of Toronto
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta
Slavin, R. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media
Subyantoro. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang : Universitas Diponegoro.
Suminar, EWS. (2011). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe STAD Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta
Winkel, WS. (1991). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.