Promosi Penjualan Produk Fashion dalam Menarik Minat Pembeli pada Akun Instagram @wannanthis.skh
Keywords:
komunikasi pemasaran, promosi penjualan, media sosial instagram, minat beliAbstract
Komunikasi pemasaran akun @wannathis.skh menggunakan bauran promosi (promotion mix), salah satu yang paling dominan yaitu promosi penjualan. Melalui media sosial instagram,@wannathis.skh memanfaatkan fitur-fitur didalamnyayaitu fitur judul (caption), upload, follower, like, dan DM (Direct Message) untuk menarik minat pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran, serta mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat produk fashion akun@wannathis.skhdalam menarik minat pembelipada media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang berupa wawancara dengan pengelola akun @wannathis.skh dan konsumen serta data sekunder berupa foto screenshoot. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik Analisis data menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Hubberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran produk fashion @wannathis.skhdalam menarik minat pembelipada instagram, dalam komunikasi pemasaran adalah promosi penjulan yang dilakukan melalui media sosial instagram. Kedua, Faktor pendukungnya yaitu kemajuan teknologi dan ketertarikan masyarakat dalam belanja online. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyaknya pesaing bisnis online.
Downloads
References
Amstrong, K. P. (2012). Prinsi-prinsip Pemasaran (p. 432). Erlangga.
Bambang Dwi Atmoko. (2012). Instagram Handbook. In Jakarta: PT. TransMedia (p. 3).
Besari, M. S. (2018). Teknologi di Nusantara 40 Abad Hambatan Inovasi (p. 148). Salemba
Teknika.
Durianto. (2004). Strategi Memimpin Pasar. Gramedia Pustaka Utama.
Effendy, O. U. (2003). Effendy, Onong Uchjana. In Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek (pp.
–64).
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran (pp. 55–126). Erlangga.
Ii, B. a B., Beli, a M., Minat, P., & Konsumen, B. (2012). Minat Beli (pp. 6–19).
Keller, K. dan. (2009). Manjemen Pemasaran (p. 4). Erlangga.
Malcom, B. (2011). Fashion sebagai komunikasi (cara mengkomunikasikan identitas sosial,
seksual, kelas dan gender) (p. 86). Jalasutra.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa.
Mujahiddin, A. (2007). Ekonomi Islam (p. 27). Raja Grafindo Persada.
Setiawan, R. (2007). Persaingan Bisnis. In Jurnal Pembelajaran (Vol. 2, Issue 3, pp. 1–11).
Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media
Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal
Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782
Suryono, Joko, Nuryani Tri Rahayu , Mohammad Hansudin, M. W. (2017). The Adolescent
Competence In Managing Small Medium Enterprises ( Umkm ) Through Advertising In
Social Media. 4thInternational Conference the Community Development in ASEAN
®2017, 1, 388–398.
Suryono, Joko, Setyo, Bono, Astuti, Purwani Indri, Rahayu, N. T. (2020). Iklan Rokok Bijak
Bernuansa Politik Jangan Mau Diadu. Jurnalisa, 06(2), 177–199.
Tjiptono, F. (2008). Tjiptono, Fandy. In Strategi Pemasaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.