Kajian Komparasi Sistem Pendidikan Sekolah Menengah Atas Di Indonesia dan Vietnam Pada Metode dan Asesmen Pembelajaran Fisika

Authors

  • helen ulbrid universitas bengkulu
  • eka adenti universitas bengkulu
  • mila oktaviana universitas bengkulu
  • irwan koto universitas bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v34i2.6495

Keywords:

Metode Pengajaran Fisika, Sistem Evaluasi, Perbandingan Indonesia-Vietnam

Abstract

Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menggali perbedaan dalam cara mengajar yang digunakan oleh guru serta metode evaluasi yang diterapkan untuk menilai pemahaman siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan keuntungan dan tantangan dari masingmasing pendekatan dalam membantu siswa memahami fisika dengan lebih baik. Dengan mengeksplorasi perspektif dari kedua negara, penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi yang berguna bagi guru dan pembuat kebijakan untuk memperbaiki kualitas pengajaran fisika di sekolah menengah atas di Indonesia. Pertanyaan yang menjadi fokus dalam studi ini adalah perbandingan metode pengajaran fisika di sekolah menengah atas antara Indonesia dan Vietnam serta sistem evaluasi yang digunakan di kedua negara dalam pembelajaran fisika, serta dampaknya pada pemahaman dan prestasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan metode pembelajaran fisika di Indonesia dan Vietnam serta menilai sistem evaluasi fisika di kedua negara dan dampaknya terhadap pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anh, T. T. N., Nguyen, N. T., & Nguyen, A. T. T. (2023). The Impact of Online Self-Assessment on Learning Outcomes and Self-Assessment Skills Among Grade 11 Students in Vietnam. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(4), 21–35. https://doi.org/10.26803/IJLTER.22.4.2.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 2709-2724.

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 356-370.

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1), 68-89.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

ulbrid, helen, adenti, eka, oktaviana, mila, & koto, irwan. (2025). Kajian Komparasi Sistem Pendidikan Sekolah Menengah Atas Di Indonesia dan Vietnam Pada Metode dan Asesmen Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan, 34(2), 97–108. https://doi.org/10.32585/jp.v34i2.6495

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.