PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN POWERPOINT INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rizky Ayudhityasari

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i2.1678

Keywords:

motivasi belajar, hasil belajar, powerpoint interaktif

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kelas IV SD Negeri 2 Bolopleret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskripif. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Motivasi belajar siswa yang berkategori “tinggi” pada siklus I sebesar 55% atau 6 siswa. Pada siklus II menjadi 91% atau 10 siswa.  2) Hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 28% atau 3 siswa yang tuntas. Setelah tindakan pada siklus I, sebanyak 4 siswa atau sebesar 36% belum mencapai ketuntasan belajar, 7 siswa atau sebesar 64% telah tuntas. Siklus II meningkat menjadi 1 siswa atau sebesar 9% belum tuntas, 10 siswa atau sebesar 91% telah tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggawirya, Erhans. 2011. Microsoft Powerpoint 2010. Jakarta: PT. Ercontara Rajawali.

Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chita RN. 2014. Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Multimedia Interaktif Dengan Mengoptimalkan Media Microsoft Powerpoint Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 01 Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/2014.

Cleopatra, Maria. 2015. Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 5(2): 168-181.

Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta

Ibrahim, Rajab. 2018. The Effect Of Using Powerpoint Presentations In Academic Achievement Of Social And National Studies In The Fifth Grade Students At-Risk For Learning Disabilities. International journal of research. Vol.6 (Iss.3)

Lari, Fateme Samiei. 2014. The Impact of Using Powerpoint Presentations on Students Learning and Motivation in Sacondary school. Islamic Azad Univercity, Iran.

Lee, J., & Martin, L. 2017. Investigating Students’ Perceptions of Motivating Factors of Online Class Discussions. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(5), 148–172. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i5.2883.

Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49–5.

Mudjiono, Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mutmainah, dkk. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 5 No 2.

Nursitowati, Desy. 2016. Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Strategi Picture And Picture Dengan Media Interaktif Microsoft Powerpoint Pada Siswa Kelas V Sdn 03 Kaliwuluh Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ratna, N. 2013. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di kota Makasar. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makasar, Makasar.

Rusman. 2016. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. jakarta: PT Indeks.

Surat Edaran Kemendikbud No. 4 Tahun 2020. Pelaksanaan KebijakanPendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Covid 19. Diakses pada 6 April 2021 dari https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaranmendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikandalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Susanto, A. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada media group.

Yanto, Medi. 2013. Jadi Guru yang Jago Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2021-08-29

Issue

Section

Artikel