PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN DISCOVERY LEARNING MELALUI AUDIO VISUAL

Authors

  • Khilayatun Ulin Noor
  • Paramitta Purbosari
  • Sularmi Sularmi

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i2.1682

Keywords:

Aktivitas siswa, hasil belajar IPA, model discovery learning, audio visual

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning melalui media Audio Visual pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Karangasem tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah 12 siswa kelas V SD Negeri 3 Karangasem Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021, yang terdiri dari 4 laki-laki dan 8 perempuan. Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru kelas sebagai observer. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data  yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa dengan kategori minimal baik siklus I mencapai 41,66% dan siklus II 83,33%. Sedangkan hasil ketuntasan belajar siswa siklus I mencapai 50%, dan siklus II 91,66%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning melalui Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar muatan pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 3 Karangasem Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kristin, Fisosalia. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2, Nomor 1.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses belajar Mengajar. Jakarta. Bumi aksara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.

RR Aliyyah1a dan Y Malia1. 2016. Peningkata Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Sifat-Sifat Cahaya. Volume 3 Nomor 2.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta. PT Bumi Aksara

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Press

Sholeh, Moh. 2014. Metodologi Pembelajaran Kontemporer. Yogyakarta. Kaukaba Dipantara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT Rineka Cipta

Sumarniti, Ni Nym, dkk. (2014). Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V di SD Gugus VII Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol:2, No:1.

Supriyadi, Agus. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Metode Discovery Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Sungai Ambawang Kubu Raya.Artikel Penelitian. PGSD, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak.(Unpublished).

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. PT Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Artikel