Implementasi Kurikulum Darurat pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri Bugel

Penulis

  • silvi wahyu andriani

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i2.1641

Kata Kunci:

kurikulum, darurat, pembelajaran, daring, pandemi

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum darurat pandemi covid 19. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bugel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum darurat pada masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri Bugel terlaksana dengan baik. Pelaksanaan kurikulum secara garis besar diidentifikasi menjadi 3 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan dilakukan dengan rapat persiapan pelaksanaan kurikulum. Rapat diadakan oleh dinas pendidikan kabupaten dan pihak sekolah. Tahap pelaksanaan, sistem pembelajaran terlaksana secara daring. Tahap evaluasi yaitu dilakukan untuk mengukur sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dari hasil penelitian, selama pelaksanaan kurikulum darurat ditemukan beberapa kendala diantaranya keterbatasan sumber daya manusia yaitu guru dan siswa dan keterbatasan fasilitas penunjang pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-08-30

Terbitan

Bagian

Artikel