UPAYA MENINGKATAKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING

Penulis

  • Suwartini Tini Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Dr. Mukti Widayati, M.Hum. Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Dwi Anggareni Siwi, M.Pd. Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i2.1684

Kata Kunci:

Keaktifan, hasil belajar IPS, problem based learning, powerpoint

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kenokorejo 01 pada muatan pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media powerpoint. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kenokorejo 01. Peningkatannya sebagai berikut: pada pra siklus mengajukkan pertanyaan 3 siswa atau 30%, menjawab pertanyaan 3 siswa atau 30%, mengemukakan pendapat 2 siswa atau 20%, dan hasil belajar 3 siswa atau 30% pada siklus I mengajukkan pertanyaan 5 siswa atau 50%, menjawab pertanyaan 6  siswa atau 60%, mengemukakan pendapat 5 siswa atau 50%, dan hasil belajar 6 siswa atau 60% sedangkan pada siklus II mengajukkan pertanyaan 8 siswa atau 80%, menjawab pertanyaan 9 siswa atau 90%, mengemukakan pendapat 8 siswa atau 80%, dan hasil belajar 9 siswa atau 90%.  Penelitian ini dapat disimpulkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media powerpoint dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kenokorejo 01 tahun 2020/2021.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anugraheni, Indri. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14 (1)

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. 1. Jakarta: Bumi Aksara

Doly, Marah. 2015. Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan T.P 2013/2014. Jurnal Edu Tech,1(1). 1-16

Fauziah, Delia Nurul. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnla Pendidikan Guru Sekolah dasar. 1(1). 103-109

Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. 1. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Iskandar. 2009. Metodologi penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Khaerunnisa, F, Sunarjan, YYFR, dan Atmaja, HT. 2018. Pengaruh penggunaan Power Point Terhadap Minat Sejarah Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education. 6 (1). 31-41

Maryatun. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Power Point Terhadap hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. Journal Pendidikan Ekonomi UM. 3(1). 1-14

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Menthods). 1. Bandung: Alfabeta

Suwandi, Yulis. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD KabupatenTanaTidung. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(1). 93-102

Uno, Hamzah B dan Lamatenggo, N. 2010. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. 1. Jakarta: Bumi Aksara

Diterbitkan

2021-08-31

Terbitan

Bagian

Artikel