PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MEDIA PEMBUAT RODA PUTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 186 PALEMBANG

Penulis

  • Nur Fitri Qhoirunnisa Abdul Malik Universitas PGRI Palembang
  • Darwin Effendi Universitas PGRI Palembang
  • Etty Pratiwi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v7i2.5354

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa antara kelas V.A sebagai kelas kontrol dan kelas V.B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media roda putar di SDN 186 Palembang. Penelitian ini menggunakan rancang perlakuan True Experimental Design dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 186 Palembang yang berjumlah 99 siswa ajaran tahun pelajaran 2023/2024. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Uji validitas instrumen di uji dengan menghitung korelasi Product Moment Person dan untuk mengetahui reliabilitasnya di uji dengan metode Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji t (Paired Sample T-Test), yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,73 dan kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 50,15, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V pada materi iklan di SDN 186 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-07-24

Terbitan

Bagian

Artikel