UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI TUTOR TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.32585/jdb.v3i1.572Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat dan hasil belajar passing atas bola voli melalui tutor teman sebaya pada siswa kelas V SD Negeri 2 Manjung Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Manjung Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 10 siswa yang terbagi atas 2 putra dan 8 putri. Sumber data terdiri dua yaitu (1) data primer yaitu, hasil belajar dan proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, melalui tutor teman sebaya dapat meningkan minat dan hasil belajar melakukan passing atas bola voli siswa kelas V SD Negeri 2 Manjung Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019. Kondisi awal sebelum dilakukan PTK, Proses belajar 20%. Pada siklus I meningkat sebesar 70% dan Pada siklus II menjadi 90%.Peningkatan minat belajar tinggi meningkat dari 30% pada prasiklus ,40% pada siklus 1 dan 60% pada siklus 2 .Hasil belajar siswa melakukan passing atas bola voli melalui tutor teman sebaya pada prasiklus 40% ,pada siklus 1 60% dan siklus 2 menjadi 100%.Ketercapaian proses belajar,minat dan ketuntasan hasil belajar melakukan passing atas bola voli tercapai pada siklus II.
Kata Kunci: Passing Atas Minat,Totor Teman Sebaya, Hasil Belajar
Unduhan
Referensi
Ahmadi, 2009. Psikologi Umum.Jakarta: Rieka Cipta
Arma Abdullah 2014.Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.
BSNP. 2006.Permendiknas RI No.22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan,Jakarta: PT.Bumi Aksara
___. 2012.Psikologi Pendidikan.Jakarta:PT.Bumi Aksara
Djamarah, 2004. Strategi Belajar Mengajar ,Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi Susanto.2013. Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Hisyam
Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP.Jakarta: Gaung Persada Press.
Mulyanto, 2014.Belajar dan Pembelajaran Penjas.Bandung :UPI
Nurhadi Santoso.2009.Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Jakarta :Depdikbud Dirjen Perguruan Tinggi
Olivia, 2011. Teknik Ujian Efektif,Bogor :Elex Media .
Rita Eka Izzaty,dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Santika Agung. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Tutor Sebaya Siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Granting Klaten.
Santoso. 2013. Psikologi Perkembangan,Jakarta:Erlangga
Slameto.2010. Belajar & Faktor–Faktor yang Mempengaruhi.Jakarta:Rineka Cipta.
Siwi, D. A. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL MAKE A MATCH. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1).
Sukmadinata,2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya
Suharsimi Arikunto,2005. Pengelolaan Kelas dan Siswa sebuah Pendekatan Evaluatif Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada
Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Kontemporer.Bandung:UPI
Suharno,2012. Peningkatan hasil belajar matematika bentuk cerita pada pokok bahasan operasi hitung campuran melalui model pembelajaran tutor sebaya siswa kelas V di SDN Pongalan Magelang. Skripsi. Yogyakarta: UNY
Sutrisno, T. 2018. PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN MEMODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1)
Umi Khasanah. 2013. Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Tutor Sebaya Siswa Kelas V SDN 01 Mojogedang. Tahun Pelajaran 2012/2013.
Zaini.2008.Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta:Insan Mandiri
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.