UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI TUTOR TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS V

Penulis

  • sri dadi

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v3i1.572

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat dan hasil belajar passing atas bola voli melalui tutor teman sebaya pada siswa kelas V SD Negeri 2 Manjung Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Manjung Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 10 siswa yang terbagi atas 2 putra dan 8 putri. Sumber data terdiri dua yaitu (1) data primer yaitu, hasil belajar dan proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, melalui tutor teman sebaya dapat meningkan minat dan hasil belajar melakukan passing atas bola voli siswa kelas V SD Negeri 2 Manjung Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019. Kondisi awal sebelum dilakukan PTK, Proses belajar 20%. Pada siklus I meningkat sebesar 70% dan Pada siklus II menjadi 90%.Peningkatan minat belajar tinggi meningkat dari 30% pada prasiklus ,40% pada siklus 1 dan 60% pada siklus 2 .Hasil belajar siswa melakukan passing atas bola voli melalui tutor teman sebaya pada prasiklus 40% ,pada siklus 1 60% dan siklus 2 menjadi 100%.Ketercapaian proses belajar,minat dan  ketuntasan hasil belajar melakukan passing atas bola voli tercapai pada siklus II.

Kata Kunci: Passing Atas Minat,Totor Teman Sebaya, Hasil Belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmadi, 2009. Psikologi Umum.Jakarta: Rieka Cipta

Arma Abdullah 2014.Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

BSNP. 2006.Permendiknas RI No.22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan,Jakarta: PT.Bumi Aksara

___. 2012.Psikologi Pendidikan.Jakarta:PT.Bumi Aksara

Djamarah, 2004. Strategi Belajar Mengajar ,Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi Susanto.2013. Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Hisyam

Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP.Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyanto, 2014.Belajar dan Pembelajaran Penjas.Bandung :UPI

Nurhadi Santoso.2009.Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Jakarta :Depdikbud Dirjen Perguruan Tinggi

Olivia, 2011. Teknik Ujian Efektif,Bogor :Elex Media .

Rita Eka Izzaty,dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Santika Agung. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Tutor Sebaya Siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Granting Klaten.

Santoso. 2013. Psikologi Perkembangan,Jakarta:Erlangga

Slameto.2010. Belajar & Faktor–Faktor yang Mempengaruhi.Jakarta:Rineka Cipta.

Siwi, D. A. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL MAKE A MATCH. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1).

Sukmadinata,2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya

Suharsimi Arikunto,2005. Pengelolaan Kelas dan Siswa sebuah Pendekatan Evaluatif Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada

Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Kontemporer.Bandung:UPI

Suharno,2012. Peningkatan hasil belajar matematika bentuk cerita pada pokok bahasan operasi hitung campuran melalui model pembelajaran tutor sebaya siswa kelas V di SDN Pongalan Magelang. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Sutrisno, T. 2018. PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN MEMODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1)

Umi Khasanah. 2013. Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Tutor Sebaya Siswa Kelas V SDN 01 Mojogedang. Tahun Pelajaran 2012/2013.

Zaini.2008.Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta:Insan Mandiri

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-16

Terbitan

Bagian

Artikel