Inggris

Penulis

  • Rita Yusari Universitas Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh
  • Rita Novita Universitas Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh
  • Syarfuni Universitas Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh
  • Siti Mayang Sari Universitas Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v8i2.7169

Abstrak

Pembelajaran matematika di sekolah dasar sering kali menghadapi tantangan dalam meningkatkan pemahaman konseptual peserta didik, khususnya pada materi pecahan. Guru kelas V Sd Negeri 61 Kota Banda Aceh yaitu Ibu N pada sesi wawancara mengatakan bahwasanya pada saat proses belajar mengajar di dalam kelas, guru masih cenderung menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah seperti yang digunakanan pada umumnya sehingga proses belajar mengajar didalam kelas terjadi konvensional dan kurangnya kreaftif selama pembelajaran, peserta didik tidak mampu untuk mengimplementasikan kedalam kehidupan nyata. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) memberikan solusi dengan cara menghubungkan konsep matematika dengan konteks kehidupan nyata, sehingga mempermudah peserta didik dalam memahami dan menerapkan konsep pecahan secara lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model RME dalam pembelajaran pecahan serta pengaruhnya terhadap pemahaman konseptual peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas V sekolah dasar yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (dengan RME) dan kelompok kontrol (dengan metode konvensional). Instrumen penelitian mencakup tes pemahaman konseptual, observasi, dan wawancara untuk memperoleh data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang belajar dengan pendekatan RME mengalami peningkatan pemahaman konseptual yang lebih signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang belajar menggunakan metode konvensional. Pembelajaran berbasis RME dapat membantu peserta didik dalam mengonstruksi konsep pecahan melalui eksplorasi situasi kontekstual, diskusi kelompok, dan refleksi terhadap strategi penyelesaian masalah. Maka dengan menggunakan pendekatan ini dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pecahan di sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel