Ajaran Moral Serat Nitisruti dan Keselarasannya Dengan Surah Al-Qur'an
DOI:
https://doi.org/10.32585/kawruh.v7i2.6937Kata Kunci:
Serat Nitisruti, hermeneutics, morality, symbols, Javanese cultureAbstrak
Artikel ini membahas keselarasan nilai-nilai moral dalam Serat Nitisruti dan Al-Qur’an dengan teori hermeneutika Paul Ricoeur. Fokus kajian ini adalah menafsirkan simbol-simbol moral dalam pupuh-pupuh Serat Nitisruti dan mengidentifikasi relevansinya dengan ajaran etis dalam surah-surah Al-Qur’an. Melalui pendekatan kualitatif dan analisis isi, ditemukan bahwa nilai-nilai seperti welas asih, keadilan, rendah hati, amanah, dan ikhlas dalam teks Jawa klasik tersebut memiliki makna simbolik yang dapat digali secara naratif dan etis, sesuai dengan tahapan interpretasi Ricoeur, dari pemahaman literal ke refleksi filosofis. Penelitian ini menunjukkan bahwa Serat Nitisruti tidak hanya mencerminkan moralitas kultural Jawa, tetapi juga menyuarakan nilai-nilai universal yang selaras dengan ajaran Islam. Temuan ini memperkuat pandangan bahwa karya sastra lokal dapat menjadi ruang dialog lintas budaya dan agama, serta menjadi medium pewarisan nilai kemanusiaan yang inklusif.
Kata kunci: Serat Nitisruti, hermeneutika, moral, simbol, budaya Jawa
Unduhan
Referensi
Amiruddin. (2021). “AMANAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (Studi Komparatif Tafsir Al-Misbah Dan Al-Azhar).” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 11 (4): 833. https://doi.org/10.22373/jm.v11i4.4665.
Azizi, M. Hibatul. (2024). “LEXING IBADAH DALAM PERSPEKTIF SURAH AN-NISA’ AYAT 142.”
Basri, Henny Hamdani, Heliwasnimar Heliwasnimar, and Ardimen Ardimen. (2024). “Etika Dan Moral Dalam Ilmu Pengetahuan.” Indonesian Research Journal on Education 4 (1): 343–51. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.494.
Fahmi, Izzuddin Rijal. (2020). “AJARAN KEPEMIMPINAN JAWA (KAJIAN ATAS SERAT NITISRUTI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM).”
Ghoni, Abdul. (2016). “Konsep Tawakal Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam.” An-Nuha 3 (1): 109–21. http://www.ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/view/103.
Hasanah, Mulya. (2018). “PENDIDIKAN MORAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.”
Hidayah, Nurul, Ade Rizal Rosidi, and Amrini Shofiyani. (2023). “Konsep Ikhlas Menurut Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 12 (2): 190–207. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v12i2.957.
Ichsan, Muhammad Hisyam. (2022). “Nilai Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al Qur’an (Surat an Nisa Ayat 135 Dan Al Maidah Ayat 8).”
Indraningsih. (2021). “HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR DAN PENERAPANNYA PADA PEMAKNAAN SIMBOL DALAM ROMAN ‘RAFILUS’ KARYA BUDI DARMA Oleh: Indraningsih.”
Maghfiroh. (2014). “Nilai Sosial Dalam Surah Al-Maa’uun: Penafsiran Modern Tentang Anak Yatim.” Skripsi, 82.
Mailani, Okarisma, Irna Nuraeni, Sarah Agnia Syakila, and Jundi Lazuardi. (2022). “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia.” Kampret Journal 1 (1): 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8.
Riyadi, Muhammad Irfan, and M. Harir Muzaki. (2019). Multikulturalisme Pada Zaman Kasultanan Pajang Abad Ke-16 M: Telaah Terhadap Serat Nitisruti. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA). Vol. I. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/28866/3/DEDE MAULANA-FAH.pdf.
Rohman, Fatkhur. (2020). “Tanggung Jawab Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 12 (2): 171–80. https://doi.org/10.30596/intiqad.v12i2.5557.
Sastrapratedja, M. (2012). “Hermeneutika Dan Etika Naratif Menurut Paul Ricoeur.” Kanz Philosophia: A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism 2 (2): 247. https://doi.org/10.20871/kpjipm.v2i2.32.
Sobon, Kosmas. (2018). “Etika Tanggung Jawab Emmanuel Levinas.” Jurnal Filsafat 28 (1): 47. https://doi.org/10.22146/jf.31281.
Taufik, Muhammad. (2013). “Filsafat John Rawls Tentang Teori Keadilan.” Mukaddimah: Jurnal Studi Islam 19 (1): 41–63. http://digilib.uin-suka.ac.id/33208/1/Muhammad Taufik - Filsafat John Rawls.pdf.
Tri Karolina Laia, Febrina Br Sembiring, Daniel Imanuelta Gimting, and Klara Selvriana Sinaga. (2023). “Gambaran Sopan Santun Mahasiswa STIKes Santa Elisabeth Medan Terhadap Ibu Asrama Tahun 2023.” SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 2 (4): 630–35. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i4.3055.
Utami, Jayanti Adji, Dra Suwarni, and M Pd. (2015). “Abstrak Piwulang Sajrone Serat Nitisruti,” 1–12.
Vahrudi, Imam. 2020. “Makna Al-’Afwu Di Dalam Al-Qur’an.”
Zaini, Ahmad. (2016). “Meneladani Etos Kerja Rasulullah Saw.” BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 3 (1): 115. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1476.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Intan Puspita, Aris Aryanto, Erlangga Ananta Riesa Wijaya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.