STUDI TENTANG PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BERBAGAI ASPEK DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114Abstract
Artikel ini adalah hasil kajian pustaka melalui metode diskriftif kualitatif yang mengkaji tentang gambaran umum prestasi belajar siswa dari berbagai aspek dan faktor-faktor yang mempengaruhi sehingga dihasilkan sebuah kesimpulan bahwa terdapat tiga aspek prestasi dalam belajar siswa yaitu aspek kognitif dan aspek afektif serta aspek psikomotorik dengan dua faktor yang mempengaruhi sebuah hasil dari prestasi tersebut diantaranya adalah faktor internal seperti pertama faktor fisiologi kedua faktor psikologi ketiga faktor kematangan fisik maupun psikis sedangkan faktor eksternal diantaranya adalah pertama faktor sosial kedua faktor budaya dan ketiga faktor lingkungan.
Kata Kunci: prestasi belajar siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi
Downloads
References
Achmad Rantes, S. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Diambil kembali dari Journal Komunikasi Pendidikan: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/17
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Brata, S. S. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Djamaroh, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Pratini, S. (2005). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Studing.
Prawiradilaga, D. S. (2007). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Purwanto, N. (1997). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Rasyid, H., & Mansur. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sujana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajara Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Syah, M. (2001). Psikologi Belajara. Jakarta: Raja Grafindo.
Syah, M. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Syaodih, R. N. (1996). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Renika Cipta.
Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2009). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Rhusty Publisher.
Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Widyahening, C. E. (2018). PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN FISHBONE DIAGRAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA. Dipetik 06 26, 2018, dari Jurnal Komunikasi Pendidikan: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/59
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.