STUDI TENTANG PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BERBAGAI ASPEK DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

Authors

  • Ahmad Syafi'i Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Tri Marfiyanto
  • Siti Kholidatur Rodiyah

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Abstract

Artikel ini adalah hasil kajian pustaka melalui metode diskriftif kualitatif yang mengkaji tentang gambaran umum prestasi belajar siswa dari berbagai aspek dan faktor-faktor yang mempengaruhi sehingga dihasilkan sebuah kesimpulan bahwa terdapat tiga aspek prestasi dalam belajar siswa yaitu aspek kognitif dan aspek afektif serta aspek psikomotorik dengan dua faktor yang mempengaruhi sebuah hasil dari prestasi tersebut diantaranya adalah faktor internal seperti pertama faktor fisiologi kedua faktor psikologi ketiga faktor kematangan fisik maupun psikis sedangkan faktor eksternal diantaranya adalah pertama faktor sosial kedua faktor budaya dan ketiga faktor lingkungan.

Kata Kunci: prestasi belajar siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Rantes, S. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Diambil kembali dari Journal Komunikasi Pendidikan: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/17

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Brata, S. S. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Djamaroh, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pratini, S. (2005). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Studing.

Prawiradilaga, D. S. (2007). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Purwanto, N. (1997). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rasyid, H., & Mansur. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sujana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajara Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syah, M. (2001). Psikologi Belajara. Jakarta: Raja Grafindo.

Syah, M. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Syaodih, R. N. (1996). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Renika Cipta.

Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2009). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Rhusty Publisher.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Widyahening, C. E. (2018). PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN FISHBONE DIAGRAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA. Dipetik 06 26, 2018, dari Jurnal Komunikasi Pendidikan: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/59

Published

2018-07-31

How to Cite

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). STUDI TENTANG PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BERBAGAI ASPEK DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Issue

Section

Artikel