Faktor Faktor Kebijakan Redaksional Youtube Solopos dalam Menentukan Berita Vaksin Covid–19

Authors

  • Nuri Suryani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Joko Suryono Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Betty Gama Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Bono Setyo UIN Sunan Kalijaga

Keywords:

Kebijakan redaksional, Youtube Solopos, Vaksin Covid 19

Abstract

Youtube Solopos adalah salah satu bagian dari Harian Umum (HU) Solopos, media massa nasional yang berkembang di daerah lokal. Media massa yang berkantor di tengah tengah Kota Solo memilik tagline “Penyaji Informasi Terpercaya” menyajikan berita akurat dengan sumber berita yang kredibel. Ketika Indonesia dilanda pandemic Covid  19 dan vaksin dijadikan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid 19, Youtube Solopos memberitakan kasus ini secara terus menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor yang menjadi latar belakang kebijakan  redaksional Youtube Solopos dan bagaimana proses kebijakan redaksional Youtube Solopos dalam memberitakan vaksin Covid 19. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan menyimak. Informan dalam penelitian ini adalah Alvari Kunto Prabowo selaku redaktur Youtube Solopos dan Adhika Ali Pratikna selaku jurnalis Youtube Solopos. Hasil penelitian ditemukan bahwa faktor-faktor yang menjadi  latar belakang kebijakan redaksional Youtube Solopos dalam memberitakan vaksin Covid 19 sesuai dengan faktor-faktor pada teori herarki yang dikutip dari Pamela Shoemaker dan Stephen D Reese yaitu faktor individu yang dibuktikan dengan adanya standart latarbelakang pendidikan jurnalis minimal D3 atau S1, faktor rutinitas dengan adanya kebiasaan dalam proses pembuatan video berita, faktor organisasi dengan adanya pengaruh pemilik media atau owner dalam pemberitaan vaksin Covid 19, pengaruh extramedia dengan adanya kerjasama dengan BNPB Covid 19, dan pengaruh ideology dengan adanya tagline “Penyaji Informasi Terpercaya” yang menjadikan Youtube Solopos selalu mengadakan disiplin verifikasi agar berita yang disajikan lebih akurat dan terpercaya. Sedangkan proses kebijakan redaksional Youtube Solopos secara rutin melalui 3 tahap yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi.

References

Assegaf, H. D. (1985). Jurnalistik Masa Kini.Jakarta.Ghalia Indonesia

Bill Kovach, T. R. (2006). Sembilan Elemen Jurnalisme.Jakarta. Yayasan Pantau

Creswell, J. W. (2013). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Edisi 3.Yogyakarta.Pustaka Pelajar

Eriyanto. (2002). Analisis Framing. Konstruksi, Ideologi dan Politik. Yogyakarta: PT LKis. Ardianto

Gillham, B. (2000). Case Study Research Methods. London: Continuum. Chicago

Kemenkes. (2020). Hindari Lansia Dari Covid1-19. http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2020/04/23/21/hindari-Lansia-Dari-Covid-19.html.

Martin, N. (2014). Information Verification in The Age Of Digital Journalism. Special Libraries Assocation (SLA 2014) Annual Conference.

Mohamad, G. (2007). Seandainya Saya Wartawan Tempo. Jakarta : Institut Tempo

Nur Asrianti, Achmad Herman, A. A. (2019). Kebijakan Redaksi Kompas TV Makassar Dalam Menayangkan Berita. Jurnal Ilmu Komunikasi MEDIAKOM, 02(02).

Shoemaker, S. D. R. dan P. J. (1996). Mediating the Message: Theories of Influence on Mass Media Message.

Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782

Suryono, J., Wijaya, M., Irianto, H., & Harisudin, M. (2020). Mind-set empowerment through enforcement of oriented visions, values, and measurable goals for young entrepreneurs. Talent Development and Excellence, 12(1), 1396–1406.

Thohir, M. (2013). Kebijakan Redaksional Surat Kabar Republika Dalam Menentukan Berita Yang Dijadikan Headline. Universitas Islam.

Trewinnard, T. (2017). “News Verification Guide. The Centre For Media Studies”. Stockholm school of economics. October 25, 2020.

Triyaningsih, H. (2020). Efek Pemberitaan Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Virus Corona (Studi Kasus; Masyarakat di Pamekasan). Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Dakwah, 1(1), 1–21.

WHO. (2020). Novel Coronavirus. Https://www.who.int/indonesia/news/novel-Coronavirus/video.

WHO. (2021). Jenis Jenis Vaksin dan Reaksi Simpang. Https://in.vaccine-Safety-Training.org/types-of-Vaccine.html.

Yin, R. K. (2002). Studi Kasus: Desain dan Metode.Rajagrafindo Persada, Jakarta

Published

2022-05-31

How to Cite

Suryani, N., Suryono, J., Gama, B., & Setyo, B. (2022). Faktor Faktor Kebijakan Redaksional Youtube Solopos dalam Menentukan Berita Vaksin Covid–19. Media and Empowerment Communication Journal, 1(1), 15–24. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/2457

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>