Kampanye Edukasi Peduli Sampah Plastik
Analisis Semiotika Kampanye Peduli Sampah Plastik Pandawara Group Di Tiktok
Keywords:
kampanye, media sosial, edukasi, semiotika, respon audiensAbstract
Kampanye peduli sampah plastik merupakan gerakan yang diinisiasi oleh 5 pemuda asal Bandung.
Bernama Pandawara Group. Kampanye ini dilakukan diberbagai platform media sosial, khususnya
TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menjelaskan bagaimana penyajian konten
kampanye Pandawara Group dan cara Pandawara Group mengedukasi audiens-nya, serta menjelaskan
bagaimana pengguna TikTok (audiens) merespon konten kampanye yang dibuat Pandawara Group.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Semiotika Roland Barthes dengan metode penelitian kualitatif.
Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan teknik
menemukan siklus kesamaan data, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif kualitatif, yang didasarkan pada aspek genetik, objektif, dan afektif dengab
pendekatan semiotika Roland Barthes. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis secara semiotika
Roland Barthes, menunjukkan bahwa; pertama, Pandawara Group menggunakan variasi konten (konten
edukasi, ajakan bertindak, tantangan, kolaborasi, dan demonstrasi kreatif), gaya komunikasi dan gaya
penyampaian informal, serta menggunakan hashtag dalam penyajian konten kampanyenya. Kedua,
Pandawara Group menggunakan visual koheren dan memperlihatkan visual before & after dalam cara
edukasi mereka. Ketiga, Pengguna TikTok (audiens) merespon konten Pandawara Group dengan berbagai
respon seperti dukungan, kritik & saran, kesadaran & edukasi, skeptisme, serta tindakan & partisipasi.
Downloads
References
Aji, F. (2022). Content Stilistics on Indonesian Youtuber Vlog. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 13(2), 132–147. https://doi.org/10.33153/capture.v13i2.4088
Aziz, A., Tobroni, M. I., & Sutoyo, S. (2023). Environmental Awareness Education Campaign through Videography at the Rawajati Waste Bank in South Jakarta. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i2.12749
Budi, P. (2019). the Characteristics of Instagram Social Media in the. 6(3), 6364–6373.
Dallyono, R., & Sukyadi, D. (2019). An analysis of multimodal resources in environmental protection posters. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(2), 472–479. https://doi.org/10.17509/IJAL.V9I2.20245
Farida Arfiani. (2022). PERAN Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Pemberdayaan Lingkungan Berbasis Urban Farming Di Kampung Samtama Rw 03 Kelurahan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat.
García, J. A. M. (2019). El ángulo de la cámara en la publicidad impresa de zapatillas de baloncesto en España. 2(23), 31–41. https://doi.org/10.5565/REV/QP.316
Katarina, E., & Bjärstig, T. (2022). Collaborative approaches for sustainable development governance. In Introduction to the Handbook on the Governance of Sustainable Development (pp. 175–189). Edward Elgar Publishing. https://doi.org/10.4337/9781789904321.00020
Li, P. (2021). A Visual Rhetoric Study on the Plastic Pollution Issues in National Geographic. Asian Journal of Humanities and Social Studies, 9(1). https://doi.org/10.24203/AJHSS.V9I1.6501
Masykuroh, K., & Mursyidah, I. L. (2023). Garbage Education Song as a Media to Build Environmental Care Character in Early Childhood. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(6), 414. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i6.4882
Nurjanah, N., & Dwiastuty, N. (2023). Analysis of the four accounts of content creators using tiktok application as teaching english media. Jurnal Ide Bahasa, 5(1), 37–46. https://doi.org/10.37296/idebahasa.v5i1.109
Putri, F. A., & Dwipriandi, R. (2021). Efektivitas Kampanye Dalam Jaringan: Studi Kasus Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. Jurnal Analisa Sosiologi, 10. https://doi.org/10.20961/jas.v10i0.47645
Salazar, G., Monroe, M. C., Ennes, M., Jones, J. A., & Veríssimo, D. (2022). Testing the influence of visual framing on engagement and pro-environmental action. Conservation Science and Practice, 4(10). https://doi.org/10.1111/csp2.12812
Septiani, B. A., Arianie, D. M., Risman, V. F. A. A., Handayani, W., & Kawuryan, I. S. S. (2019). Pengelolaan Sampah Plastik Di Salatiga: Praktik, dan tantangan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 17(1), 90. https://doi.org/10.14710/jil.17.1.90-99
Silaningrum, R., Subejo, & Ruslanjari, D. (2022). Peran Media Sosial dalam Membangun. Jurnal Kawistara the Journal of Social Sciences and Humanities, 12(peran media sosial), 1–18.
Suryono, J., 1, Wijaya, M., 2, Irianto, H., 3, Harisudin, M., & 4. (2022). Synergy Empowerment and Social Transformation: Developing Entrepreneurship Independence in a Business School Joko Suryono 1 , Mahendra Wijaya 2 , Heru Irianto 3 , Mohamad Harisudin 4. Journal of Social Studies Education Research, 13(4), 265–290.
Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782
Suryono, J., Wijaya, M., Irianto, H., Harisudin, M., Darsini, D. T. P., & Astuti, P. I. (2023). Model of Community Empowerment through Education Non-Formal Entrepreneurship to Improve Independence of Micro, Small and Medium Enterprises. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(3), 413–429. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.3.25
Susilo, R. K. D. (2022). Compatibility, Effectiveness and Sustainability of Grass-Root Collaboration in Promoting Environmental and Natural Resource Conservation (An Evaluative Analysis). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 995(1), 12067. https://doi.org/10.1088/1755-1315/995/1/012067
Susilo, R. K. D. (2022). Compatibility, Effectiveness and Sustainability of Grass-Root Collaboration in Promoting Environmental and Natural Resource Conservation (An Evaluative Analysis). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 995(1), 12067. https://doi.org/10.1088/1755-1315/995/1/012067
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ilham Aditama, Joko Suryono, Yoto Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.