MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SIMULASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN EDMODO PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.126Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dalam mata pelajaran simulasi digital melalui edmodo pada siswa kelas X SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan ini dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Tamansiswa Sukoharjo dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah ketuntasan belajar siswa sebesar >70%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar Simulasi Digital pada siswa kelas X SMK Tamansiswa. Kondisi awal prosentase ketuntasan hanya sebesar 34%. Setelah dilakukan siklus I (satu) diperoleh hasil peningkatan motivasi belajar simulasi digital sebesar 57,6 % dan pada siklus II diperoleh hasil prosentase sebesar 90,65%. Peningkatan ini tentu dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan selama proses pembelajaran oleh guru dan kolaborator selama pelaksanaan setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan edmodo secara tepat dapat meningkatkan motivasi belajar dalam mata pelajaran Simulasi Digital pada siswa kelas X SMK Tamansiswa.
Kata-kata kunci: Motivasi Belajar, Simulasi Digital, Edmodo
Downloads
References
Basori. 2013. “Pemanfaatan Social Learning Network Edmodo dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS”. JIPTEK. Vol.6 No.21
Hasibuan. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Ismail. 2011. Penelitian Pendidikan (Suatu pengantar). Sukoharjo: Univet Bantara Press
Ismail, Bambang T. 2011. Pedoman Menulis Skripsi (Edisi Revisi). Sukoharjo: Univet Bantara Press
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press
Singgih, Meini. 2014. “Pengembangan Media Pemelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Konsep Dasar Sistem Komunikasi Data Sinyal Digital Melalui Media Kabel Fiber dan Frekuensi Radio di SMK N 1 Jetis Mojokerto”. E-Journal UNESA. Vol.3, No.2
Subiyantoro, S., & Ismail. (2017). Dampak Learning Management System (LMS) Pada Performa Akademik Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 307–314.
Subiyantoro, S., & Mulyani, S. (2017). Kegunaan Multimedia Interaktif Dalam The Use Of Interactive Multimedia In English. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 92–100.
Sulistiani, Fauziyah. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X AK2 SMK N 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016.Pendidikan Akuntansi.Fakultas Ekonomi.UNY
Sutrisno. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif . Jakarta: Bumi Aksara
Uno, Hamzah B. 2014. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.