PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERCETAK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Ade Arif Ardianto Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Ismail Ismail Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sri Mulyani Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.128

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah melalui Media Visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Karangmojo Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) , setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Karngmojo Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo dengan jumlah murid 31 siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah rata – rata nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa ? 80 dengan kriteria keberhasilannya yaitu 70%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif, dan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Kondisi awal prosentase ketuntasan sebesar 25,8%, pada siklus I prosentase ketuntasan siswa 51,6%, dan pada siklus II prosentase ketuntasan siswa 83,86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa aktifitas dapat diciptakan dengan melaksanakan Pembelajaran dengan Media Visual yang optimal dan dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas V Sekolah Dasar.

Kata kunci : Media Visual Cetak, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.

References

Anitah, Sri. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan : Untuk Guru, Kepala Sekolah, & Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.

Arshad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

BSNP. 2006. Peraturan Mendiknas. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta : Depdiknas

Cheng, Y., Cheng, J., & Chen, D. (2012). The Effect of Multimedia Computer Assisted Instruction and Learning Style on Learning Achievement. WSEAS journal Issue 1, Volume 9.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Leow, F. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in A Malaysian University. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, volume 13 issue 2.

Sasikala, M., & Devi, N. (2014). Effectiveness of Interactive Multimedia Based Learning for Teaching Zoology at Higher Secondary Level. Indian Journal of Applied Research. Vol 4: 10

Silverman, R., & Hines, S. (2009). The Effects of Multimedia-Enhanced Instruction on the Vocabulary of English-Language Learners and Non-English-Language Learners in Pre-Kindergarten Through Second Grade. Journal of Educational Psychology, Vol. 101, No. 2, 305–314

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Subiyantoro, S., & Mulyani, S. (2017). KEGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 92–100.

Supriyono, W. (1990). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Yeh, Y. & Wang, C. (2003). Effects of Multimedia Vocabulary Annotations and Learning Styles on Vocabulary Learning. CALICO Journal, 21 (1), p-p 131-144.

Published

2018-07-31

How to Cite

Ardianto, A. A., Ismail, I., & Mulyani, S. (2018). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERCETAK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 141–147. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.128

Issue

Section

Artikel