PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERCETAK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.128Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah melalui Media Visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Karangmojo Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) , setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Karngmojo Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo dengan jumlah murid 31 siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah rata – rata nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa ? 80 dengan kriteria keberhasilannya yaitu 70%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif, dan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Kondisi awal prosentase ketuntasan sebesar 25,8%, pada siklus I prosentase ketuntasan siswa 51,6%, dan pada siklus II prosentase ketuntasan siswa 83,86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa aktifitas dapat diciptakan dengan melaksanakan Pembelajaran dengan Media Visual yang optimal dan dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas V Sekolah Dasar.
Kata kunci : Media Visual Cetak, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Downloads
References
Anitah, Sri. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan : Untuk Guru, Kepala Sekolah, & Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.
Arshad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
BSNP. 2006. Peraturan Mendiknas. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta : Depdiknas
Cheng, Y., Cheng, J., & Chen, D. (2012). The Effect of Multimedia Computer Assisted Instruction and Learning Style on Learning Achievement. WSEAS journal Issue 1, Volume 9.
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Leow, F. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in A Malaysian University. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, volume 13 issue 2.
Sasikala, M., & Devi, N. (2014). Effectiveness of Interactive Multimedia Based Learning for Teaching Zoology at Higher Secondary Level. Indian Journal of Applied Research. Vol 4: 10
Silverman, R., & Hines, S. (2009). The Effects of Multimedia-Enhanced Instruction on the Vocabulary of English-Language Learners and Non-English-Language Learners in Pre-Kindergarten Through Second Grade. Journal of Educational Psychology, Vol. 101, No. 2, 305–314
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Subiyantoro, S., & Mulyani, S. (2017). KEGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 92–100.
Supriyono, W. (1990). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Yeh, Y. & Wang, C. (2003). Effects of Multimedia Vocabulary Annotations and Learning Styles on Vocabulary Learning. CALICO Journal, 21 (1), p-p 131-144.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.