Hubungan antara Frekuensi Penggunaan Media Pendidikan dengan Motivasi Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1422Keywords:
media pendidikan, motivasi belajar, mahasiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara penggunaan media pendidikan dengan motivasi belajar mahasiswa FKIP Univet Bantara Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Univet Bantara Sukoharjo yang berjumlah 1130, sedangkan sampelnya adalah sebagian dari populasi yang berjumlah 113 mahasiswa dengan cara pengambilan sampelnya adalah proporsional random sampling, cara pengambilan data dengan metode angket yang digunakan untuk mengungkap data tentang frekuensi penggunaan media dan motivasi belajar mahasiswa sedangkan analisis data dengan menggunakan teknik korelasi serial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif signifikan antara frekuensi penggunaan media pendidikan dengan motivasi belajar mahasiswa FKIP Univet Bantara Sukoharjo, dengan demikian semakin tinggi frekeunsi penggunaan media pendidikan maka semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa sebaliknya semakin rendah frekuensi penggunaan media pendidikan maka semakin rendah pula motivasi belajar mahasiswa
Downloads
References
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1). https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Ali, U., & Zaini, M. (2020). Pemanfaatan Program Aplikasi Google Classroom sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa pada perkuliahan dasar - dasar kependidikan. Jurnal Jurusan Tadris IPS, 11(1), 27–34.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–96. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Creswell, J. (2013). Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Machfudi, M. I. (2016). Issues and Challenges in Maintaining Motivation To Learn English in Rural Madrasah Context. IJET (Indonesian Journal of English Teaching), 5(2), 173–183. https://doi.org/10.15642/ijet2.2016.5.2.173-183
Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–35.
Mediawati, E. (2010). Pengaruh motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika, 5(2), 134–136.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntasi InDONESIA, 8(2).
Muslem, A., & Abbas, M. (2017). The Effectiveness of Immersive Multimedia Learning with Peer Support on English Speaking and Reading Aloud. Studies in English Language and Education, 10(1), 203–218. https://doi.org/10.24815/siele.v2i2.2694
Novitasari, D., Ratnawuri, T., & Pritandhari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Electonic Book (E-Book) berbasis Edmodo kelas X SMK Kartikatama Metro. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2), 107–115.
Nurrati, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 03. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal MISYKAT : Ilmu - Ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ah, 3(1).
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293
Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Setiawan, A. (2019). Merancang Media Pembelajaran PAI di Sekolah (Analisis Implementasi Pembelajaran Berbasis PAI ). Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2).
Sugiyono. (2013). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajat. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Umar. (2014). MEDIA PENDIDIKAN : Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.