Pembelajaran Berbasis Riset untuk Meningkatkan Kemampuan Multipel Representasi Mahasiswa dalam Memahami Soal HOTS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1041

Keywords:

HOTS, kompetensi pedagogik, multipel representasi

Abstract

Mahasiswa pendidikan kimia sebagai calon guru kimia harus menguasai kompetensi guru salah satunya kompetensi pedagogik. Upaya untuk membekali mahasiswa pendidikan kimia agar memiliki kompetensi tersebut salah satunya dengan membuat soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa pendidikan kimia dalam membuat soal HOTS berbasis multipel representasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall yang berupa 10 tahap, tetapi dibatasi hanya sampai tahap 7. Pengambilan data dilakukan dengan lembar angket, uji coba soal, dan wawancara. Soal-soal yang dibuat oleh mahasiswa dikategorikan berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom dan diperoleh 40 soal dengan rincian soal ranah C1 30%, C2 17,50%, C3 15%, C4 22,50%, C5 10%, dan C6 5%. Soal dengan kategori HOTS sebanyak 15 soal (37,50%). Soal  HOTS tersebut dianalisis lebih lanjut dan diperoleh reliabilitas sebesar 0,78 (tinggi) dan 11 soal memenuhi kriteria sehingga dapat digunakan. Kemampuan multipel representasi mahasiswa dalam menyusun soal HOTS mengalami peningkatan.

Author Biographies

Apriliana Drastisianti, Universitas Islam Negeri Walisongo

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Sains dan Teknologi

Universitas Islam Negeri Semarang

Dante Alighiri, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Kimia 

FMIPA

Universitas Negeri Semarang

References

Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617.

Bland, D. (2012). Analysing children’s drawings: Applied imagination. International Journal of Research and Method in Education, 35(3), 235–242. https://doi.org/10.1080/1743727X.2012.717432

Cook, M., Wiebe, E. N., & Carter, G. (2008). The influence of prior knowledge on viewing and interpreting graphics with macroscopic and molecular representations. Science Education, 92(5), 848–867. https://doi.org/10.1002/sce.20262

Corradi, D., Elen, J., & Clarebout, G. (2012). Understanding and Enhancing the Use of Multiple External Representations in Chemistry Education. Journal of Science Education and Technology, 21(6), 780–795. https://doi.org/10.1007/s10956-012-9366-z

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Fredlund, T., Airey, J., & Linder, C. (2015). Enhancing the possibilities for learning: Variation of disciplinary-relevant aspects in physics representations. European Journal of Physics, 36(5), 55001. https://doi.org/10.1088/0143-0807/36/5/055001

Hanik, N. R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Komparasi yang Diintegrasikan dengan Pendekatan Kolaboratif Ditinjau dari Kemampuan Analisis Mahasiswa Implementation of a Comparative Learning Model which is Integrated with a Collaborative Approach in terms of Student ’ s. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 114–122.

Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, & Mohamad, M. M. B. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skillsamong Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121–125. https://doi.org/10.7763/ijssh.2011.v1.20

Iskandar, D., & Senam, S. (2015). Studi Kemampuan Guru Kimia Sma Lulusan Uny Dalam Mengembangkan Soal Uas Berbasis Hots. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 65. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4533

Johnstone, A. H. (2006). Chemical education research in Glasgow in perspective. Chemistry Education Research and Practice, 7(2), 49–63. https://doi.org/10.1039/B5RP90021B

Khaldun, I., Hanum, L., & Utami, S. D. (2019). Pengembangan Soal Kimia Higher Order Thinking Skills Berbasis Komputer Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Hidrolisis Garam Dan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 132–142. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14702

Kusuma, M. D., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment In Physics Study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 26–32. https://doi.org/10.9790/7388-0701052632

Limbach, B., & Waugh, W. (2010). Developing higher level thinking. Journal of Instructional Pedagogies, 9. https://aabri.com/manuscripts/09423.pdf

Muliawati. (2020). Kemampuan Guru Dalam Menyusun Soal Berfikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran PPKN Pada UPT Satuan Pendidikan. Phinisi Integration Review, 3(1), 30–45.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Scherr, R. E., & Stetzer, M. R. (2016). Editorial: Focused Collection: Preparing and Supporting University Physics Educators. Physical Review Physics Education Research, 12(1), 10–13. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.12.010002

Sunyono., Yuanita., L., & Muslimin, I. (2014). Model Mental Mahasiwa Baru Dalam Memahami Konsep Struktur Atom Ditinjau Dari. 3(2), 346–353.

Sunyono, Yuanita, L., & Ibrahim, M. (2013). Stoikiometri Sebelum Dan Sesudah Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Sains PPs, 499–509.

Voogt, J., & Pareja Roblin, N. (2010). 21st Century Skills Discussion Paper - Voogt & Pareja Roblin (2010).

Widana, I. W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (Hots). Jisae: Journal of Indonesian Student Assesment and Evaluation, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.21009/jisae.031.04

Widarti, H., Sigit, D., & Irianti, D. (2020). Pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan interkoneksi multi representasi siswa pada materi larutan penyangga. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 5(1), 40–46. https://doi.org/10.17977/um026v5i12020p040

Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Profil Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Di Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Papua. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 42. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.63

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Drastisianti, A., & Alighiri, D. (2021). Pembelajaran Berbasis Riset untuk Meningkatkan Kemampuan Multipel Representasi Mahasiswa dalam Memahami Soal HOTS. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 152–163. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1041

Issue

Section

Artikel