Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Menggunakan Model Context, Input, Process, and Product

Authors

  • Anita Pa Padja Insitut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Ezra Tari Insitut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Hendrik A.E Lao Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.893

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Model CIPP

Abstract

Tujuan dari riset ini ialah mengevaluasi proses belajar dengan menggunakan pendekatan Model Context, Input, Process, Product pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Dalam pra penelitian di SMP Negeri 12 Kupang, peneliti menemukan guru belum mengetahui kebutuhan dasar siswa. Guru belum mengetahui latar belakang siswa serta kurangnya penggunaan media pembelajaran. Tipe riset ini menggunakan pendekatan context, input, process, product. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pertama, pelaksanaan proses belajar dilihat dari segi konteks tergolong baik. Kedua, perencanaan program, ditemukan tidak terdapat analisis kebutuhan. Pelaksanaan program pembelajaran ditinjau dari segi input masuk dalam kategori baik. ketiga, pelaksanaan pembelajaran masih dalam kategori kurang efektif ditinjau dari segi proses. Keempat, guru melaksanakan pendahuluan dengan baik dan benar sesuai dengan rancangan yang ada di dalam RPP. Kelima, program pembelajaran perlu dirancang terstruktur sesuai dengan alokasi waktu karena menjadi faktor penentu dalam proses pembelajaran, keluasan dan kedalam materi pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Universitas Syiah Kuala, 6(2), 55–65. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/12197

Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP Model for Quality Evaluation at School Level: A Case Study. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 189–206. https://doi.org/10.22555/joeed.v5i1.1553

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75–82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109

Çolak, E. (2015). The Effect of Cooperative Learning on the Learning Approaches of Students with Different Learning Styles. Eurasian Journal of Educational Research, 59, 17–34. https://eric.ed.gov/?id=EJ1070614

Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30–39. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39

Eryanto, H., Marsofiyati, & Swaramarinda, D. (2016). Evaluasi Program Ujian Nasional (UN) Pada SMK Negeri Di Jakarta Selatan. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 14, 26–41. https://doi.org/10.21009/econosains.0142.03

Febrina, F., Hajidin, & Mahmud. (2016). Kompetensi Guru dalam Perencanaan Pembelajaran di SDN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah, 1(1), 40–50.

Gillies, R. M. (2016). Cooperative Learning: Re e Learning: Review of Resear view of Research and Pr ch and Practice . Australian Journal of Teacher Education, 41(3), 41. https://doi.org/10.14221/ajte.2016v41n3.3

Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). INKLUSI, 5(2), 179–194. https://doi.org/10.14421/ijds.050202

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. In At-Ta’dib (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.21111/AT-TADIB.V6I1.551

Mawarsari, V. D., & Prihaswati, M. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model CIPP Pada Kejar Paket B Kota Semarang. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL, 0. http://103.97.100.145/index.php/psn12012010/article/view/1211

Mirwati, Ali, S., & Saludung, J. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Kimia Pada SMA Negeri 3 Watan Soppeng. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 1(1), 1–9. https://ojs.unm.ac.id/

Mulyasa, E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Muyasaroh, & Sutrisno, S. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi CIPP Pada Program Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 215–233. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2862

Nur Fidiyanti, H. H. (2017). Effect Of Implementation Of Cooperative Learning Model Make A Match Technique On Student Learning Motivation In Social Science Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 104. https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8667

Nurdin, S. (2018). Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Islam-Murabby, 1(2), 140–147. http://ejournal.uinib.ac.id/index.php?journal=MRB

Rudy, C. (2015). The perspective of curriculum in Indonesia on environmental education. International Journal of Research Studies in Education, 4, 77–83. https://doi.org/10.5861/ijrse.2014.915

Salmawati. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran IPS di SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri Donri, Kabupaten Soppeng. PEP Educational Assessment, 1(1), 75–84. http://ojs.unm.ac.id/index.php/UEA

Sani, R. A. (2016). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2017). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Bumi Aksara.

Widoyoko, S. E. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Pelajar.

Winarni, L., Judistianti, T., Ruslami, R., Husin, F., Sutedja, E., Herawati, D., & Idrajinata, P. (2017). Penggunaan Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum Inti Pendidikan D-III Kebidanan. Jurnal Pendidikan Dan Pelayanan Kebidanan Indonesia, 1, 8. https://doi.org/10.24198/ijemc.v1i1.77

Yamin, M., Aswirna, P., Fahmi, R., & Nurdin, S. (2017). Material Effect on Entrepreneurship Learning towards Interest in Entrepreneurship Activities of Students 7(2). Journal of Research in Marketing, 7(2), 544–550.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Padja, A. P., Tari, E., & Lao, H. A. (2021). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Menggunakan Model Context, Input, Process, and Product. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 138–151. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.893

Issue

Section

Artikel