Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Menggunakan Model Context, Input, Process, and Product
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.893Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, Model CIPPAbstract
Tujuan dari riset ini ialah mengevaluasi proses belajar dengan menggunakan pendekatan Model Context, Input, Process, Product pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Dalam pra penelitian di SMP Negeri 12 Kupang, peneliti menemukan guru belum mengetahui kebutuhan dasar siswa. Guru belum mengetahui latar belakang siswa serta kurangnya penggunaan media pembelajaran. Tipe riset ini menggunakan pendekatan context, input, process, product. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pertama, pelaksanaan proses belajar dilihat dari segi konteks tergolong baik. Kedua, perencanaan program, ditemukan tidak terdapat analisis kebutuhan. Pelaksanaan program pembelajaran ditinjau dari segi input masuk dalam kategori baik. ketiga, pelaksanaan pembelajaran masih dalam kategori kurang efektif ditinjau dari segi proses. Keempat, guru melaksanakan pendahuluan dengan baik dan benar sesuai dengan rancangan yang ada di dalam RPP. Kelima, program pembelajaran perlu dirancang terstruktur sesuai dengan alokasi waktu karena menjadi faktor penentu dalam proses pembelajaran, keluasan dan kedalam materi pelajaran.
Downloads
References
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Universitas Syiah Kuala, 6(2), 55–65. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/12197
Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP Model for Quality Evaluation at School Level: A Case Study. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 189–206. https://doi.org/10.22555/joeed.v5i1.1553
Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75–82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109
Çolak, E. (2015). The Effect of Cooperative Learning on the Learning Approaches of Students with Different Learning Styles. Eurasian Journal of Educational Research, 59, 17–34. https://eric.ed.gov/?id=EJ1070614
Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30–39. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39
Eryanto, H., Marsofiyati, & Swaramarinda, D. (2016). Evaluasi Program Ujian Nasional (UN) Pada SMK Negeri Di Jakarta Selatan. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 14, 26–41. https://doi.org/10.21009/econosains.0142.03
Febrina, F., Hajidin, & Mahmud. (2016). Kompetensi Guru dalam Perencanaan Pembelajaran di SDN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah, 1(1), 40–50.
Gillies, R. M. (2016). Cooperative Learning: Re e Learning: Review of Resear view of Research and Pr ch and Practice . Australian Journal of Teacher Education, 41(3), 41. https://doi.org/10.14221/ajte.2016v41n3.3
Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). INKLUSI, 5(2), 179–194. https://doi.org/10.14421/ijds.050202
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. In At-Ta’dib (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.21111/AT-TADIB.V6I1.551
Mawarsari, V. D., & Prihaswati, M. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model CIPP Pada Kejar Paket B Kota Semarang. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL, 0. http://103.97.100.145/index.php/psn12012010/article/view/1211
Mirwati, Ali, S., & Saludung, J. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Kimia Pada SMA Negeri 3 Watan Soppeng. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 1(1), 1–9. https://ojs.unm.ac.id/
Mulyasa, E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Muyasaroh, & Sutrisno, S. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi CIPP Pada Program Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 215–233. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2862
Nur Fidiyanti, H. H. (2017). Effect Of Implementation Of Cooperative Learning Model Make A Match Technique On Student Learning Motivation In Social Science Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 104. https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8667
Nurdin, S. (2018). Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Islam-Murabby, 1(2), 140–147. http://ejournal.uinib.ac.id/index.php?journal=MRB
Rudy, C. (2015). The perspective of curriculum in Indonesia on environmental education. International Journal of Research Studies in Education, 4, 77–83. https://doi.org/10.5861/ijrse.2014.915
Salmawati. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran IPS di SDN Se-Wilayah IV Kecamatan Donri Donri, Kabupaten Soppeng. PEP Educational Assessment, 1(1), 75–84. http://ojs.unm.ac.id/index.php/UEA
Sani, R. A. (2016). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara.
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2017). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Bumi Aksara.
Widoyoko, S. E. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Pelajar.
Winarni, L., Judistianti, T., Ruslami, R., Husin, F., Sutedja, E., Herawati, D., & Idrajinata, P. (2017). Penggunaan Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum Inti Pendidikan D-III Kebidanan. Jurnal Pendidikan Dan Pelayanan Kebidanan Indonesia, 1, 8. https://doi.org/10.24198/ijemc.v1i1.77
Yamin, M., Aswirna, P., Fahmi, R., & Nurdin, S. (2017). Material Effect on Entrepreneurship Learning towards Interest in Entrepreneurship Activities of Students 7(2). Journal of Research in Marketing, 7(2), 544–550.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.