Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Rangkaian Listrik melalui Model Pembelajaran STAD

Authors

  • Dahniar A SMP Negeri 14 Takengon

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.434

Keywords:

hasil belajar, rangkaian listrik, model pembelajaran STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan pembelajaran memahami materi rangkaian listrik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IX SMP Negeri 14 Takengon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 14 Takengon tahun pelajaran 2018/2019. Setiap siklus dilakukan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.  Data penelitian diperoleh dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Selanjutnya, data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran memahami rangkaian listrik dapat meningkat.

References

Asrori, M. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Robert, T. S. (2005). Online Collaborative Learning: Theory and Practice. Bandung: Alfabeta.

Shelton, R. N., & Rawlings, H. R. (2012). Effective Evaluation of Teaching and Learning in STEM. Tucson Arizona: Research Corporation for Science Advancement.

Subiyantoro, S., & M., U. (2018). COOPERATIVE LEARNING: LANDASAN PSIKOLOGIS, KONSEP, KARAKTERISTIK, MANFAAT DAN RESIKO PENGGUNAANNYA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 144–153.

Suryaman. (2007). Budaya Organisasi Sekolah Berlatar Multikultural: Suatu Studi Etnografi. Universitas Negeri Malang.

Syahrin, A. (2015). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS RESENSI MELALUI METODE JIGSAW DAN DISCOVERY LEARNING. . Juni, 15(13), 8.

Syahrin, A. (2017). Pembelajaran Lintas Kurikulum: Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Penemuan untuk Siswa SMP. International Seminar on Language, Literature, Art, and Culture (ISLLAC). Malang.

Wiriaatmadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas . Bandung: Remaja Rosda Karya. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yusuf, A. M. (2003). Metodologi Penelitian. Padang: Sukabina Offset.

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

A, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Rangkaian Listrik melalui Model Pembelajaran STAD. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.434

Issue

Section

Artikel