Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Rangkaian Listrik melalui Model Pembelajaran STAD
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.434Keywords:
hasil belajar, rangkaian listrik, model pembelajaran STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan pembelajaran memahami materi rangkaian listrik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IX SMP Negeri 14 Takengon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 14 Takengon tahun pelajaran 2018/2019. Setiap siklus dilakukan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Selanjutnya, data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran memahami rangkaian listrik dapat meningkat.Downloads
References
Asrori, M. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Robert, T. S. (2005). Online Collaborative Learning: Theory and Practice. Bandung: Alfabeta.
Shelton, R. N., & Rawlings, H. R. (2012). Effective Evaluation of Teaching and Learning in STEM. Tucson Arizona: Research Corporation for Science Advancement.
Subiyantoro, S., & M., U. (2018). COOPERATIVE LEARNING: LANDASAN PSIKOLOGIS, KONSEP, KARAKTERISTIK, MANFAAT DAN RESIKO PENGGUNAANNYA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 144–153.
Suryaman. (2007). Budaya Organisasi Sekolah Berlatar Multikultural: Suatu Studi Etnografi. Universitas Negeri Malang.
Syahrin, A. (2015). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS RESENSI MELALUI METODE JIGSAW DAN DISCOVERY LEARNING. . Juni, 15(13), 8.
Syahrin, A. (2017). Pembelajaran Lintas Kurikulum: Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Penemuan untuk Siswa SMP. International Seminar on Language, Literature, Art, and Culture (ISLLAC). Malang.
Wiriaatmadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas . Bandung: Remaja Rosda Karya. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Yusuf, A. M. (2003). Metodologi Penelitian. Padang: Sukabina Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.