Pengaruh Penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar

Authors

  • Silfi Melindawati STKIP ADZKIA

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1050

Keywords:

hasil belajar, IPS, Model Teams Games Tournament

Abstract

Penelitian ini didasarkan rendahnya hasil belajar siswa di pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 30 Kubu Dalam kota Padang. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui signifikansi pengaruh hasil belajar siswa dalam IPS dengan menggunakan model  Teams Games Tournament (TGT) kelas V SD Negeri 30 Kubu Dalam Kota Padang. Penelitian ini eksperimen, yaitu Quasi Exsperimental Design. Dengan rancangan Posttest Only Design. Tahapan dalam penelitian ini adalah persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Dan teknik analisis data yang penulis lakukan adalah uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. Hasil penelitian ini terlihat pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai yaitu 66,03 sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata nilai yaitu 59,83. Dengan Hasil uji hipotesis yang diperoleh  yaitu  thitung = 2,010 dan tTabel = 1.671 dengan db= 59 (n1+n2-2= 30+31-2=59) dimana thitung > tTabel  (12,85 > 2,010)  sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa: “hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran  konvensional di kelas V SD Negeri 30 Kubu Dalam kota Padang”.

References

Afandi, Muhammad, M. 2014. Pengaruh Pendekatan Kooperatif Tipe TGT Berbantu Domino Matematika (Domat) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN Gugus Dahlia Desa Dadapayam Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2015.(Diambil pada kamis, 10 Maret 2019) http://repository.uksw.edu/handle/bitstrea

Hanik, N. R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Komparasi yang Diintegrasikan dengan Pendekatan Kolaboratif Ditinjau dari Kemampuan Analisis Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 114–122.

Sofiarini Andriana, & S. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Pendidikan, Jurnal Komunikasi, 4(2).

m/123456789/5629.pdf

Al-Jumanatul, ‘Ali. 2004. Al-qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit J-Art.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Metode Quantitatif. Jakarta: Bumi Akasara.

Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib. 2000. Kemudahan Dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Gema Insani Press

Asma, Nur. (2006) ... Tipe TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar ... Jurnal penelitian pendidikan, 12(1),. 90-96.

Darmodjo, Hendra.1992. Pembelajaran IPS. Jakarta: UT

Darmadi. 2014. Metode penelitian. Jakarta: UT

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas..

Didh, Sugandi, Ischak, Sardjiyo. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: UT

Dymiati. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayati, Mimin. 2013. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Ninyoman. 2018. Hasil Belajar. PT Grafindo.

Ngalimun.2012. Model Pembelajaran. Jakarta: Rosdakarya

Nugroho, Dhessryatno Fajar. 2014. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V SD Kaliwiru Semarang. (Diambil pada hari Senin, 15 Maret 2019) http://lib.unnes.ac.id/view/creator/Dhessryatno_Fajar_Nugroho=3A14019 11013=3A=3A.htm

Margono. 2014. Rancangan penelitian. Jakarta: Rosdakarya

Poerwanti, Endang.2008. Assesmen Pembelajaran SD. Dirjen Dikti Depdiknas

Purwanto. 2009.Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana.2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : RemajaRosdakarya..

Slavin, E Robert. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.

Slavin. 2006. Cooperatif Learning. Bandung: Upi Press

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono,2015. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus.2009.Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Shoimin, Aris.2013.Cooperatif Learning. Yogyakarta: Ar-Rus Media.

Taufik, Taufina . 2009. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Trianto.2010 .Mendesain Model Pembelajaran Inovasif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Wahab Abdul, Aziz.2009. Konsep Dasar IPS. Jakarta:UT.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Melindawati, S. (2021). Pengaruh Penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 55–67. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1050

Issue

Section

Artikel