Pengaruh Penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1050Keywords:
hasil belajar, IPS, Model Teams Games TournamentAbstract
Penelitian ini didasarkan rendahnya hasil belajar siswa di pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 30 Kubu Dalam kota Padang. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui signifikansi pengaruh hasil belajar siswa dalam IPS dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) kelas V SD Negeri 30 Kubu Dalam Kota Padang. Penelitian ini eksperimen, yaitu Quasi Exsperimental Design. Dengan rancangan Posttest Only Design. Tahapan dalam penelitian ini adalah persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Dan teknik analisis data yang penulis lakukan adalah uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. Hasil penelitian ini terlihat pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai yaitu 66,03 sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata nilai yaitu 59,83. Dengan Hasil uji hipotesis yang diperoleh yaitu thitung = 2,010 dan tTabel = 1.671 dengan db= 59 (n1+n2-2= 30+31-2=59) dimana thitung > tTabel (12,85 > 2,010) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa: “hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas V SD Negeri 30 Kubu Dalam kota Padang”.
Downloads
References
Afandi, Muhammad, M. 2014. Pengaruh Pendekatan Kooperatif Tipe TGT Berbantu Domino Matematika (Domat) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN Gugus Dahlia Desa Dadapayam Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2015.(Diambil pada kamis, 10 Maret 2019) http://repository.uksw.edu/handle/bitstrea
Hanik, N. R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Komparasi yang Diintegrasikan dengan Pendekatan Kolaboratif Ditinjau dari Kemampuan Analisis Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 114–122.
Sofiarini Andriana, & S. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Pendidikan, Jurnal Komunikasi, 4(2).
m/123456789/5629.pdf
Al-Jumanatul, ‘Ali. 2004. Al-qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit J-Art.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Metode Quantitatif. Jakarta: Bumi Akasara.
Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib. 2000. Kemudahan Dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Gema Insani Press
Asma, Nur. (2006) ... Tipe TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar ... Jurnal penelitian pendidikan, 12(1),. 90-96.
Darmodjo, Hendra.1992. Pembelajaran IPS. Jakarta: UT
Darmadi. 2014. Metode penelitian. Jakarta: UT
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas..
Didh, Sugandi, Ischak, Sardjiyo. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: UT
Dymiati. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hayati, Mimin. 2013. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Pendidikan. Jakarta: Referensi.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.
Ninyoman. 2018. Hasil Belajar. PT Grafindo.
Ngalimun.2012. Model Pembelajaran. Jakarta: Rosdakarya
Nugroho, Dhessryatno Fajar. 2014. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V SD Kaliwiru Semarang. (Diambil pada hari Senin, 15 Maret 2019) http://lib.unnes.ac.id/view/creator/Dhessryatno_Fajar_Nugroho=3A14019 11013=3A=3A.htm
Margono. 2014. Rancangan penelitian. Jakarta: Rosdakarya
Poerwanti, Endang.2008. Assesmen Pembelajaran SD. Dirjen Dikti Depdiknas
Purwanto. 2009.Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana.2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : RemajaRosdakarya..
Slavin, E Robert. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.
Slavin. 2006. Cooperatif Learning. Bandung: Upi Press
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono,2015. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus.2009.Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Shoimin, Aris.2013.Cooperatif Learning. Yogyakarta: Ar-Rus Media.
Taufik, Taufina . 2009. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.
Trianto.2010 .Mendesain Model Pembelajaran Inovasif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Wahab Abdul, Aziz.2009. Konsep Dasar IPS. Jakarta:UT.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.