Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPA Fisika Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1076Keywords:
kesulitan belajar, konsep dasar IPA fisika, perkulihaan daringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar mahasiswa PGSD UNDARIS dalam perkuliahan konsep dasar IPA Fisika secara daring, faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Subjek penelitian adalah 16 mahasiswa PGSD UNDARIS semester genap tahun akademik 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada tahap identifikasi kesulitan belajar mahasiswa menunjukkan bahwa rata-rata kesulitan belajar mahasiswa untuk seluruh indikator capaian adalah sebesar 60,90 %. Jika di lihat dari karakteristik indikator capaian yang mahasiswa memiliki tingkat kesulitan dengan prosentasi tinggi adalah capaian indikator yang membutuhkan percobaan/ pengalaman langsung dalam proses pembelajaran. Kemudian faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar konsep dasar IPA Fisika yang dialami mahasiswa PGSD Undaris adalah faktor internal berupa faktor motivasi dari dalam diri mahasiswa serta faktor eksternal yaitu suasana rumah yang kurang mendukung, faktor ekonomi keluarga, faktor penyajian perkuliahan oleh dosen,faktor ketersediaan sarana dan prasarana penunjang serta karakteristik materi perkuliahan. Selanjutnya upaya dosen untuk mengatasi kesulitan mahasiswa adalah membangkitkan motivasi mahasiswa dengan penyajian perkuliahan yang dinilai menarik dan mengganti bahan dan alat praktikum dengan alat dan bahan yang mudah ditemui di lingkungan sekitar mahasiswa.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, diagnosis, dan remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Abin Syamsuddin Makmun. (2012). Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Abbas, A., & Yusuf Hidayat, M. (2018). FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 45–49. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1a8
Agatha, H. Maria. (2020). Penerapan E-learning dengan platform edmodo untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 4 (1), 1-8. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/442
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyati, E., & Nurdini, A. (2013). Deskripsi Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Pada Materi Fungi Di Sma Islam Bawari Pontianak Dan Upaya Perbaikannya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(9).
Asmanullah, A. S., Hamdani, A., & Indonesia, U. P. (2019). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Di Smk Bidang Teknologi Dan Rekayasa Kota Bandung. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i1.18236
Darmawan, D. (2019). Anak berkesulitan belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://eprints.ums.ac.id/63834/4/BAB II..pdf
Firman dan Hermawan. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pedagoria, 11 (2), 195-201. https://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/issue/view/253
Wijayanti. (2012). EKSPLORASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN CAHAYA DAN UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. (2012). Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 1–1. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1093
Haqiqi, A. K. (2018). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR IPA SISWA SMP KOTA SEMARANG. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 37. https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.838
Husni, D. (2011). Adhd Dalam Kesulitan Belajar. 3.
Khairuzzaman, M. Q. (2016). pengaruh sarana prasarana sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pemasaran di smk negeri 1 sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. 4(1), 64–75. https://jurnal.uns.ac.id/bise/article/view/16956
Marisa, S. (2019). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permaslahan Belajar. Jurnal Taushiah, 9(2), 20–27.
Mulyono, A. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka CiptaMulyono, A. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 33339. https://doi.org/10.1016/j.jcjo.2015.03.008, 33339. https://doi.org/10.1016/j.jcjo.2015.03.008
Murniarti, D., Purwaningsih, E., & Buwono, S. (2016). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi SMA Ngeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(11), 2–13.
Nana, S.2012. Penelitian dan Penilaian pendidikan. Bandung :Sinar Baru Algensindo
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 81–88.
Nur Laili,L., Munika, S., Sekar, A., Singgih, S. (2019). Pengembangan Puzzle Trigonometri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 3 (2), 101-107. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/324
Karunia, A & Muhsin.(2019).Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. (2019). Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang, Vol 8 No 2 (2019): Economics Education Analysis Journal. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/31517
Rusli, A. (2011). Fisika Dasar dan Kesadaran Ilmiah: Suatu Studi–Analisis Kaitan Fisika dengan Dunia Digital. Research Report-Engineering Science, Query date: 2020-08-14 14:24:03. http://journal.unpar.ac.id/index.php/rekayasa/article/download/65/54
Susanti, R. D. (2018). Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,”2(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4470
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.