Penerapan E-Learning dengan Platform Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Maria Agatha Hertiavi Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.442

Keywords:

e-learning, edmodo

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran mendorong terciptanya beragam media pembelajaran yang bisa dipilih untuk digunakan dalam pembelajaran. E-learning adalah pembelajaran berbasis pada jaringan internet yang dapat dilakukan dengan tidak dibatasi tempat dan waktu. Edmodo merupakan salah satu alternatif media penunjang e-learning. Tujuan penelitan ini adalah mengetahui kelayakan media serta perangkat pembelajaran e-learning berbasis edmodo, mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan pembelajaran e-learning berbasis edmodo serta mengetahui hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Sejarah Fisika di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Pattimura. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan prosentase dan uji gain. Hasil analisis disimpulkan (1) Pembelajaran e-learning berbasis edmodo layak digunakan dalam pembelajaran. (2) Perangkat pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran e-learning berbasis edmodo. (3) Mahasiswa merespon baik penerapan pembelajaran e-learning berbasis edmodo. (4) Terjadi peningkatan kategori sedang setelah penerapan pembelajaran e-learning berbasis edmodo.

Author Biography

Maria Agatha Hertiavi, Universitas Pattimura

Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Pattimura

References

Arkoful, Valentina and Nelly Abaidoo. 2014. The role of e-learning, the advantages and disadvantages of its adoption in Higher Education. International Journal of Education and ResearchVol.2 No.12

Bezhovski, Zlatko and Subitcha Poorani. 2016. The Evolution of E-Learning and New Trends. Jounal of Information and Knowledge Management Vol.6, No. 3

Daryanto.2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Epignosis. 2014. E-Learning Concepts, Trends, Applications. San Francisco: LLC

Hake, R. R. 1998. ”Interactive-Engagment vs Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics. Test Data for Introductory Physics Course”. Am. J. Physics. 66, 64-74

Hamalik,Oemar.2011.Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Jethro, Olojo Oludare. 2012. E-Learning and Its Effects on Teaching and Learning in a Global Age. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences Vol. 2, No. 1

Kongchan, Chada. 2013. “How Edmodo and Google Docs can change traditional classrooms” disajikan dalam The European Conference on Language Learning 2013, Brighton, United Kingdom, paper#0442.

Mateo, Rey, P. d., & Hernández. 2010. Student motivation and cross-curricular development through e-learning applied to cooperation. The Future of Global Learning Engineering Education (EDUCON).

Min Lin Hong, Wan-Ju Chen, and Shu-Fen Nien. 2014. The Study of Achievement and Motivation by e-Learning–A Case Study. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 4, No. 5

Monika, Čonková. 2013. Analysis of Perceptions of Conventional and E-Learning Education in Corporate Training. Journal of Competitiveness Vol. 5,No. 4, pp. 73-97

Pande, Deepali . 2016. E-Learning System and Higher Education . International Journal of Computer Science and Mobile Computing, Vol.5, No.2

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rulviana, Vivi. 2018. Implementasi Media Edmodo Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika Vol. 8, No. 2

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Seoud, M. Samir Abou. 2014. E-Learning and Students’ Motivation: A Research Study on the Effect of E-Learning on Higher Education. Cairo: Paper Vo. 9, No. 4

Thinh, Duong Van. 2016. The Role of E-learning. Budapest: Management, Enterprise and Benchmarking in the 21st Century

Downloads

Published

2020-01-29

How to Cite

Hertiavi, M. A. (2020). Penerapan E-Learning dengan Platform Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.442

Issue

Section

Artikel