Pengaruh Adaptasi Pembelajaran Secara Online terhadap Hasil Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1091Keywords:
Fasilitas belajar, kesiapan psikis, hasil belajar, Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh adaptasi pembelajaran yang dilakukan mahasiswa berupa ketersediaan fasilitas belajar secara online dan kesiapan psikis mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran secara online terhadap hasil belajar. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dengan analsis data menggunakan softwarwe smart PLS 3. Subjek penitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan ekonomi universitas negeri gorontalo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dengan media google form. Temuan yang diperoleh antara lain: Pertama, Terdapat hubungan positif dan sigifikan antara fasilitas belajar online dengan hasil belajar Hasil pengujian menunjukan nilai signifikan. Dengan nilai T statistic sebesar 4,904 lebih besar dibandingkan 1.67. Kedua, Terdapat hubungan positif dan sigifikan antara kesiapan psikis belajar online dengan hasil belajar. Hasil pengujian menunjukan nilai signifikan. Dengan nilai T statistic sebesar 3,967 lebih besar dibandingkan 1.67.Downloads
References
Bhatia, R. P. (2011). Features and Effectiveness of E-learning Tools. Global Journal of Business Management and Information Technology, 1(1), 1–7. http://www.ripublication.com
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Gonzalez-Acevedo, N. (2016). Technology-enhanced-gadgets in the Teaching of English as a Foreign Language to Very Young Learners. Ideas on Implementation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 507–513. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.070
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.
Kompas.com. (2020a). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. Kompas.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari
Kompas.com. (2020b). Timeline Wabah Virus Corona, Terdeteksi pada Desember 2019 hingga Jadi Pandemi Global. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/12/113008565/timeline-wabah-virus-corona-terdeteksi-pada-desember-2019-hingga-jadi
Mahmoud, S. S. (2008). A Proposed Model for Distributing e-Courses Content through Mobile Technology Architectures. 2(1), 39–54.
Merdeka.com. (2020). https://www.merdeka.com/teknologi/ini-kuota-data-yang-terpakai-untuk-group-call-zoom-dan-hangout-meet-sudah-tahu.html. Merdeka.Com.
Munir, M. I. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta.
Pituch, K. A., & Lee, Y. kuei. (2006). The influence of system characteristics on e-learning use. Computers and Education, 47(2), 222–244. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2004.10.007
Putra, M. F. P. (2017). Pengaruh aspek psikologis terhadap hasil belajar mahasiswa olahraga Kurdi. Jurnal SEGAR (Sehat Dan Bugar).
Rahardja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning + Pada Perguruan Tinggi Student Learning Motivation Against iLearning + Online Learning Method in Higher Education. Jurnal Sisfotenika, 9(2), 192–202.
Rohman, A., & Aktif, P. (2019). Dampak Psikologi Belajar Dalam Pembelajaran Aktif Bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. 10, 51–70.
Rosalina, M. (2018). Analysis The Use of Schoology E-Learning Towards Students’ Learning Motivation Enhancement in STKIP Surya. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 89. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.614
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.
Santoso, E. (2009). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. 1–117.
Setyosari, P. (1996). Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. https://media.neliti.com/media/publications/220215-pembelajaran-sistem-online-tantangan-dan.pdf
sulsel.idntimes.com. (2020). [BREAKING] WHO Umumkan Penetapan Virus Corona Sebagai Pandemi. Sulsel.Idntimes.Com. https://sulsel.idntimes.com/news/indonesia/rosa-folia/breaking-who-tetapkan-covid-19-sebagai-pandemik-regional-sulsel
Uno, H. B. & N. L. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Bumi Akasara.
Yilmaz, R. (2017). Exploring the role of e-learning readiness on student satisfaction and motivation in flipped classroom. Computers in Human Behavior, 70, 251–260. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.12.085
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.