Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Menulis Cerpen

Authors

  • Hendra Hendra Nahdlatul Ulama Sumatera Utara University

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.439

Keywords:

Kooperatif tipe TGT, Hasil Belajar, Menulis Cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT  di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah instrumen 1 tentang tes hasil belajar siswa dan instrumen 2 tentang aktivitas siswa. Hasil tes awal menunjukkan nilai rata-rata kemampuan awal siswa adalah  33,3 dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terjadi peningkatan pada Siklus I hasil belajar siswa adalah 66,7 dan pada Siklius II menjadi 86,7.Berdasarkan hasil observasi  aktivitas belajar siswa pada Siklus I  adalah 60,85% dan pada Siklus II menjadi 93,35%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperartif Tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa MAS PP Darul Qur’an T.P. 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. 2009. Jakarta: Bumi Aksara.

Jhonson, B. Elaine. Contextual Teaching and Learning. 2007. Bandung: MLC.

Arikunto, S, dkk. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. 2012. Jakarta : Bumi Aksara.

Alghifary, Widzar. Sihir Terakhir: Analogi Puisi Penyair Perempuan ASAS. 2009. Lamongan: Pustaka Pujangga.

Sadikin, Mustofa. Kumpulan Sastra Indonesia edisi terlengkap. 2010. Jakarta: Gudang Ilmu.

Priyatni. E, Harsiati. T. Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA/SMK/MAK. 2016. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariati, Mimin. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan. 2007. Jakarta: Gaung Persada Press

Edward, P, DKK. Belajar Pembelajaran. 2005. Medan: UNIMED.

Published

2020-01-31

How to Cite

Hendra, H. (2020). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Menulis Cerpen. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 49–54. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.439

Issue

Section

Artikel