Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Menulis Cerpen
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.439Keywords:
Kooperatif tipe TGT, Hasil Belajar, Menulis CerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah instrumen 1 tentang tes hasil belajar siswa dan instrumen 2 tentang aktivitas siswa. Hasil tes awal menunjukkan nilai rata-rata kemampuan awal siswa adalah 33,3 dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terjadi peningkatan pada Siklus I hasil belajar siswa adalah 66,7 dan pada Siklius II menjadi 86,7.Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada Siklus I adalah 60,85% dan pada Siklus II menjadi 93,35%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperartif Tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa MAS PP Darul Qur’an T.P. 2019/2020.
Downloads
References
Arikunto, S, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. 2009. Jakarta: Bumi Aksara.
Jhonson, B. Elaine. Contextual Teaching and Learning. 2007. Bandung: MLC.
Arikunto, S, dkk. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. 2012. Jakarta : Bumi Aksara.
Alghifary, Widzar. Sihir Terakhir: Analogi Puisi Penyair Perempuan ASAS. 2009. Lamongan: Pustaka Pujangga.
Sadikin, Mustofa. Kumpulan Sastra Indonesia edisi terlengkap. 2010. Jakarta: Gudang Ilmu.
Priyatni. E, Harsiati. T. Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA/SMK/MAK. 2016. Jakarta: Bumi Aksara.
Hariati, Mimin. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan. 2007. Jakarta: Gaung Persada Press
Edward, P, DKK. Belajar Pembelajaran. 2005. Medan: UNIMED.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.