Representasi Kecantikan Wanita pada Iklan Televisi Wardah

Penulis

  • Nita Aulia Rahmah
  • Hariyanto Hariyanto

Kata Kunci:

iklan “Wardah”, kecantikan, representasi, semiotika

Abstrak

“Wardah” Crystal Secret adalah salah satu produk kecantikan wanita yang menawarkan produknya melalui tayangan iklan audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai makna denotatif, konotatif, dan mitos serta mengetahui bagaimana representasi kecantikan wanita pada tayangan iklan audio visual “Wardah” Crystal Secret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika Roland Barthes yang memaknai tanda yang terdapat pada iklan tersebut bedasarkan makna konotasi, denotasi, dan mitos. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyimak dan mendokumentasikan scene-scene dalam tayangan iklan “Wardah” Crystal Secret, serta menggunakan lembar koding sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Makna denotatif, konotatif, dan mitos pada tayangan iklan audio visual “Wardah” Crystal Secret berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes yakni kecantikan wanita yang mengarah pada budaya feminisme dengan trend kulit wajah yang putih, bersih, tanpa noda, dan bercahaya (glowing). 2) Representasi kecantikan wanita pada tayangan iklan audio visual “Wardah” Crystal Secret yakni wanita cantik ialah wanita yang memiliki kecantikan dari luar (outer beauty) dan kecantikan dari dalam diri (inner beauty).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprillia, R. D. (2005). Iklan dan Budaya Popular : Pembentukan Identitas Ideologis Kecantikan Perempuan Oleh Iklan. Ilmu Komunikasi, 1(2), 41–68.

Ardianda, A. (2016). Representasi Kecantikan Dalam Video Klip Bercahaya

(Analisis Semiotika John Fiske Dalam Iklan Kosmetik PONDS) Representation Of Beauty In Music Video Of Bercahaya (Semiotic Analytic By John Fiske In PONDS cosmetic advertisement). E-Proceeding of Management, 3(2), 2549–2558.

Christinawati, C., & Junaidi, A. (2020). Standar Kecantikan Perempuan Berhijab dalam Iklan Televisi (Analisa Semiotika Iklan Wardah Versi Feel The Beauty). Prologia, 4(1), 209. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6477

Graha, A. (2005). Pengaruh Iklan Testimonial Sabun Dove Versi Pembuktian Terhadap Minat Beli Konsumen. Yogyakarta.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (Cetakan pe; H. Sazali, Ed.). Sumatera Utara: Wal Ashri Publishing.

Hermawan, H., & Hamzah, R. E. (2017). Objektifikasi Perempuan dalam Iklan Televisi : Analisis Lintas Budaya terhadap Iklan Parfum Axe yang Tayang di Televisi Indonesia dan Amerika Serikat. Jurnal Kajian Media, 1(2), 166–176. https://doi.org/10.25139/jkm.v1i2.721

Herna Mandemasya. (2013). Fenomena dibalik kesuksesan iklan testimoni. Wacana, XII(1), 16–25. Muslimin Abdullah, I., Widiasmara, H., & Fajirrul Ulum, M. S. (2021). Representasi Kulit Putih

Perempuan dalam Iklan MS Glow. Jurnal Audiens, 3(2), 63–71. https://doi.org/10.18196/jas.v3i2.11959

Nuraryo, I. (2019a). Kultur pop dan diskursus ideologi kecantikan pada iklan di televisi. 3(2), 171–184. Nuraryo, I. (2019b). Kultur pop dan diskursus ideologi kecantikan pada iklan di televisi. ProTVF, 3(2),

https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.21488

Nurdyawati, T. T., Kafabih, A., & Anugrah, A. A. (2021). Analisis Konten Iklan Citra ( 1980-2010 ) Bagi Standardisasi Kecantikan Indonesia : Kacamata Feminis Marxist. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 31– 45.

Padila, A. (2013). “ Representasi Sensualitas Perempuan Dalam Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Iklan Parfum Axe Versi Heaven On Earth di televisi) .” 31. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/12638/2/BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Pratiwi, O., & Luthfianiza, L. (2020). Dari Kuning Langsat Menjadi Putih: Representasi Identitas Kulit Perempuan Ideal Indonesia Dalam Iklan Citra. Jurnal Audiens, 1(2). https://doi.org/10.18196/ja.12016

Satria, G. D., & Junaedi, F. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Garnier Sakura White Dan Wardah White Secret. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 93–119. https://doi.org/10.23917/komuniti.v14i1.17753

Situmeang, I. O. (2015). Representasi Wanita Pada Iklan Televisi Wardah Cosmetic

(Analisis Semiotik Roland Barthes Wardah Inspiring Beauty Versi True Colours). 9(1), 283.

Suryono, J., Astuti, P. I., Rahayu, N. T., & Widayati, M. (2019). ( Caricature of Outdoor Media Political Advertising Dont Buy Cats in Sacks ) kota Surakarta . Iklan Politik Media Luar Ruang Honda Hendarto menarik untuk verbal peribahasa Jangan Membeli Kucing Politik Media Luar Ruang lainnya biasanya Politik Media Luar. Profetik Jurnal Komunikasi, 12(1), 46–60. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/pjk.v12i1.1539

Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782

Suryono, J., Setyo, B., Indri Astuti, P., & Tri Rahayu, N. (2020). Iklan rokok bijak bernuansa politik

jangan mau diadu. Jurnalisa, 06(November 2020), 177–199.

Syata, N. (2012). Makna Cantik Di Kalangan Mahasiswa Dalam Perspektif Fenomenologi. 1–38.

Wibowo, I. (2013). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi) (Edisi 2). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Windasari, A., Yusriana, A., & Pratiwi, M. R. (2017). Pemaknaan Kecantikan Sebagai Putih Jepang Dalam Iklan Shinzui Body Cleanser. Informasi, 47(1), 35.

https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.13614

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Rahmah, N. A., & Hariyanto, H. (2023). Representasi Kecantikan Wanita pada Iklan Televisi Wardah. Media and Empowerment Communication Journal, 1(2), 22–37. Diambil dari https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/3541