Strategi Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Bupati Di Kabupaten Sukoharjo Periode 2021 – 2024

Studi Deskriptif Kualitatif Tim Pemenangan Pasangan Etik Suryani Dan Agus Santosa Di Desa Watubonang Kecamatan Tawangsari

Authors

  • Sekar Sari N. K. Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Betty Gama Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Hariyanto Hariyanto Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Joko Suryono Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

Strategi, Komunikasi, Politik, Pilkada, Sukoharjo

Abstract

Strategi Komunikasi Politik dalam Pemilihan Bupati di Kabupaten Sukoharjo Periode 2021-2024 (Studi Deskriptif Kualitatif Tim Pemenangan Pasangan Etik Suryani dan Agus Santosa di Desa Watubonang Kecamatan Tawangsari). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. 2022. Tujuan penelitian ini ialan: 1) untuk mengetahui strategi komunikasi politik tim pemenangan Etik Suryani dan Agus Santosa di Desa Watubonang Kabupaten Sukoharjo, 2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dari startegi komunikasi politik tim pemenangan Etik Suryani dan Agus Santosa di Desa Watubonang Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis data Miles dan Huberman yang meliputi empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Narasumber dalam penelitian ini ialah ketua tim pemenangan dan anggota tim pemenangan. Teori yang digunakan yaitu Political Marketing dalam tiga tahap. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) strategi komunikasi politik yang digunakan tim pemenangan Etik Suryani dan Agus Santosa yakni push marketing, pull marketing, dan pass marketing. pertama, strategi kampanye Push Marketing dilakukan dengan 3 cara: Kampanye Pertemuan Terbatas, Kampanye Door to Door, dan Blusukan. Kedua, strategi kampanye Pull Marketing dilakukan dengan menggunakan Media Konvensional dan Media Sosial. Ketiga, strategi kampanye Pass Marketing dilakukan dengan manjalin komunikasi bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, dan organisasi pemuda. Serta komunikasi tim pemanangan Etik Suryani dan Agus Santosa memilih menggunakan metode-metode komunikasi seperti, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa, komunikasi organisasi, serta pesan persuasif yang berisi visi misi dan program kerja serta permohonan dukungan mampu membuat masyarakat memilih Etik Suryani dan Agus Santosa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo. 2) terdapat faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi politik tim pemenangan Etik Suryani dan Agus Santosa. Faktor pendukung diantaranya sosok figure Etik Suryani dan Agus Santosa yang merakyat, jujur, ramah, dan bersikap tegas serta bentuk visi misi yang mampu membuat masyarakat tertarik. Faktor penghambat diantaranya Pandemi Covid-19 dan masalah Financial serta Money Politik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Anwar. 1984. “Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas.”

Arifin, Anwar. 2011. Komunikasi Politik: Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan, Strategi, Dan Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. jakarta: kencana prenada media group.

Ferdiansyah, M. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif.

Hafied Cangara. 2009. “Komunikasi Politik.” 4(1):163–80.

Harun, Rochajat and A. P. Sumarno. 2006. Komunikasi Politik Sebagai Suatu Pengantar. bandung: CV mandar maju.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. 2007. Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. pertama. BPFE.

Rogers & Snyder. 2002. “Manajemen Kampanye.”

Schrorder, Peter. 1999. Strategi Politik. jakarta: PT. Grasindo.

Sugiyono. 2005. “Memahami Penelitian.” Bandung: Alfabeta 2.

Sugiyono. 2016. “Memahami Penelitian Kualitatif.” Bandung: Alfabeta.

Utami, Dina Kurnia Sari. 2021. “Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 Di Tengah Pandemi Covid-19 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2020.” Wasia: Jurnal Pemilu Dan Demokrasi 1(1):13–26.

Zein, Abdullah. 2008. “Strategi Komunikasi Politik.”

Zuriah, Nurul. 2009. “Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan.” 1:17

Published

2025-05-13

How to Cite

K., S. S. N., Gama, B., Hariyanto, H., & Suryono, J. (2025). Strategi Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Bupati Di Kabupaten Sukoharjo Periode 2021 – 2024: Studi Deskriptif Kualitatif Tim Pemenangan Pasangan Etik Suryani Dan Agus Santosa Di Desa Watubonang Kecamatan Tawangsari. Media and Empowerment Communication Journal, 4(1), 17–33. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/7401

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.